Vietnam Longgarkan Pembatasan Covid-19 di Hanoi Pekan Ini

Vietnam berencana melonggarkan berbagai pembatasan Covid-19 di kota Hanoi pekan ini, di tengah semakin menurunnya jumlah kasus harian dan laju vaksinasi yang relatif tinggi di kalangan orang dewasa.

Mulai Rabu mendatang, 22 September, sebagian besar proyek konstruksi di Hanoi boleh dilanjutkan kembali. Pelonggaran di sektor lainnya akan menyusul kemudian.

Dilansir dari laman Channel News Asia, Senin, 20 September 2021, rata-rata kasus harian Covid-19 di Vietnam kini hanya berada di bawah 20. Pemerintah Vietnam menilai pelonggaran sudah dapat dilakukan, terlebih mayoritas orang dewasa di negara tersebut sudah divaksinasi.

Sejauh ini, 94 persen dari populasi orang dewasa di Hanoi sudah menerima dosis pertama vaksin Covid-19. Otoritas setempat berencana menyelesaikan vaksinasi dosis kedua pada akhir November mendatang.

“Kita tidak bisa memberlakukan pembatasan selamanya,” kata Deputi Ketua Komite Rakyat Hanoi, Duong Duc Tuan.

Hanoi berhasil selamat dari terjangan gelombang Covid-19 di Vietnam sejak akhir April lalu. Di kota tersebut, angka kematian akibat Covid-19 berada di bawah 50 dari total 17 ribu lebih di level nasional Vietnam.

Untuk jumlah kasus, Hanoi hanya mencatat 4.414 dari total 687 ribu yang merupakan gabungan dari seantero negeri.

Pekan kemarin, aktivitas di Hanoi menjadi semakin sibuk usai otoritas setempat mencabut puluhan barikade dan membolehkan restoran beroperasi kembali.

Tuan mengatakan pendekatan yang diterapkan Hanoi bersifat fleksibel serta berbasis ilimiah, ditujukan untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 sembari memulihkan perekonomian.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : KONTAN

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *