Serba-serbi Film Yuni, Menang Platform Prize di Toronto International Film Festival

Film Yuni membawa kabar gembira dari Toronto International Film Festival 2021.

Film arahan sutradara Kamila Andini ini berhasil memenangkan Platform Prize di kompetisi tahun ini.

Riz Ahmed selaku ketua dewan juri Platform Prize mengumumkan langsung kemenangan Yuni lewat sebuah video.

“Juri tersentuh oleh film yang membawa perspektif baru dan intim untuk sebuah cerita remaja, yang ditandai dengan struktur yang subtil, penggambaran yang indah, dan sinematografi yang halus,” tutur Riz Ahmed dalam keterangan pers tertulis, Minggu (19/9/2021).

Platform Prize adalah penghargaan film tahunan yang dipersembahkan Festival Film Internasional Toronto untuk film-film “bernilai artistik tinggi yang juga menunjukkan visi penyutradaraan yang kuat”.

Sutradara Kamila Andini menghadiri langsung acara Toronto International Film Festival untuk menerima penghargaan Platform Prize.

Dalam pidatonya, istri Ifa Isfansyah ini mempersembahkan kemenangan Yuni untuk suara-suara perempuan yang selama ini tak pernah terdengar.

“Saya melihat ini sebagai harapan. Kemenangan ini untuk suara-suara perempuan di Indonesia yang selama ini tidak terdengar, juga untuk semua perempuan di Indonesia maupun dunia, yang masih terus berjuang mencari kebebasannya,” kata Kamila Andini.

Kemenangan Yuni di Toronto International Film Festival mendapat sambutan hangat dari para pelaku industri film Indonesia.

Joko Anwar bahkan merasa bangga karena film-film Indonesia justru berjaya di pentas dunia saat situasi dan kondisi perfilman sedang merangkak di tengah pandemi.

Sebelumnya, film Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas juga menang dalam Locarno Festival.

“Film Indonesia makin berkibar di dunia setelah Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas menang di Locarno Festival. Semangat!” tulis Joko seperti dikutip Kompas.com, Minggu (19/9/2021).

Setelah menang di Toronto International Film Festival, Yuni rencananya masih akan berkeliling ke festival-festival film dunia lainnya.

Yuni akan melanjutkan perjalanannya ke beberapa festival lain, di antaranya Busan International Film Festival, Vancouver International Film Festival, dan Chicago International Film Festival, sambil menunggu jadwal tayang resmi di Indonesia.

Film Yuni sendiri dibintangi oleh Arawinda Kirana, Asmara Abigail, Sekar Sari, Marissa Anita, Dimas Aditya, dan Neneng Wulandari.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *