Persela Vs Persipura, Iwan Waspadai Relasi Kuat Jacksen-Mutiara Hitam

Pelatih Iwan Setiawan memprediksi laga kedua Persela Lamongan melawan Persipura Jayapura, Jumat (10/9/2021) sore, bakal sulit.

Selain punya motivasi besar dan kualitas tim, dia mengatakan, ada satu senjata rahasia Persipura Jayapura yang tidak banyak disadari orang, yaitu chemistry antara pelatih Jacksen F Tiago dan skuad Mutiara Hitam, julukan Persipura.

“Kembali saya tegaskan, ada sesuatu yang patut kami waspadai dari Persipura Jayapura adalah kolaborasi coach Jacksen dengan Persipura,” kata pelatih asal Medan itu.

Iwan Setiawan mengatakan, Jacksen dan Persipura ibarat dua orang yang berjodoh.

Filosofi yang diusung oleh pelatih asal Brasil tersebut begitu cocok dengan karakteristik pemain Persipura Jayapura. Alhasil, kualitas tim secara individu dan kolektivitas pun menonjol.

“Ini menarik, kita sepakat barangkali bahwa filosofi seorang Jacksen sangat kuat, chemistry ketemu dengan anak-anak Papua,” ujar Iwan.

“Kolaborasi filosofi dan karakteristik anak-anak Papua tim ini bisa memberikan kejutan seperti sebelumnya menorehkan prestasi luar biasa,” tuturnya.

Pernyataan Iwan Setiawan ini itu diperkuat dengan sederet cerita manis antara Jacksen F Tiago bersama Persipura Jayapura.

Selama ditangani Jacksen, Persipura Jayapura mampu memperoleh tiga gelar juara ISL (sekarang Liga 1) musim 2008-2009, 2010-2011, dan 2013 serta beberapa gelar bergengsi lainnya.

Yang menarik, saat keduanya berpisah pada musim 2014, baik Jacksen F Tiago maupun Persipura Jayapura sama-sama mengalami penurunan prestasi.

Keduanya kembali bekerja sama pada musim 2019. Lalu, Persipura Jayapura berhasil finis di posisi ketiga, padahal saat Jacksen baru masuk Persipura Jayapura terjerembap dan sempat mencicipi zona degradasi.

Terlepas dari itu, Iwan Setiawan sudah mempersiapkan segala kemungkinan.

Dia mengatakan sudah sudah cukup mengenal Jacksen F Tiago, termasuk filosofi yang digunakan sehingga bisa menjadi modal Persela Lamongan memenangi pertandingan.

“Kami saling mengenal baik secara pribadi maupun filosofi yang kami bawa di sepak bola,” ujar mantan pelatih Persebaya Surabaya itu.

Laga pekan kedua Liga 1 2021-2022 antara Persela Lamongan melawan Persipura Jayapura akan dihelat di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jumat (10/9/2021) sore.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *