Indonesia Jadi Tuan Rumah Pertemuan 2+2 ke-7 RI-Australia

Indonesia akan menjadi tuan rumah Pertemuan 2+2 ke-7 antara Menteri Luar Negeri dan Pertahanan RI-Australia yang akan diselenggarakan di Jakarta pada Kamis, 9 September 2021.

Berdasarkan keterangan di situs Kemenlu RI, Menlu Australia Y.M. Marise Payne dan Menhan Australia Y.M. Peter Dutton akan berkunjung ke Indonesia mulai Rabu ini hingga 10 September mendatang.

Pertemuan 2+2 Indonesia-Australia merupakan forum dialog untuk membahas isu-isu strategis di tingkat bilateral, regional, maupun global. Forum juga dimanfaatkan untuk memajukan kerja sama kedua negara dalam berkontribusi terhadap kondisi yang kondusif bagi stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran di kawasan.

Terakhir kalinya pertemuan 2+2 antara Indonesia-Australia digelar di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF_ ke-12 di Nusa Dua, Bali pada 6 Desember 2019.

Dalam pertemuan tersebut, kedua pihak mempertegas kembali komitmennya dalam memerangi terorisme di kawasan, memperkuat kerja sama peacekeeping antara angkatan bersenjata kedua negara (TNI dan ADF), memperkuat kerja sama di bidang keamanan siber, dan pertukaran keahlian dan pengalaman dalam humanitarian assistance and disaster relief.

Sebelum menghadiri Pertemuan 2+2, Menhan Prabowo Subianto dan Menhan Australia akan melakukan Defense Ministers’ Meeting. Sementara Menlu Retno L.P. Marsudi akan bertemu empat mata dengan Menlu Australia Marise Payne.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *