Gempa Bumi Magnitudo 7,0 Guncang Meksiko, Warga Berhamburan ke Jalan

Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,0 mengguncang Acapulco, Meksiko selatan pada Selasa malam, sekitar pukul 20.47 waktu setempat. Menurut keterangan Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), episentrum gempa berada di kedalaman 12 kilometer.

Dikutip dari laman BNO News, Rabu, 8 September 2021, gempa dikabarkan merusak sejumlah bangunan di Acapulco. Namun detail seputar jumlah maupun skala kerusakannya belum diketahui.

Guncangan dikabarkan terasa hingga ke Mexico City, yang membuat banyak warga ibu kota berlarian ke jalan raya. Pemadaman listrik serta kebocoran gas juga dikabarkan terjadi akibat dampak gempa.

Menurut keterangan otoritas Acapulco, gempa berlokasi di wilayah utara kota tersebut. Sedikit berbeda dari USGS, agensi meteorologi Meksiko mencatat kekuatan gempa terbaru berada di magnitudo 7,1.

Maret lalu, gempa bumi magnitudo 5,7 mengguncang Meksiko tengah pada malam hari. Gempa ini sempat memicu sistem alarm di beberapa kota, dan juga membuat warga berhamburan ke jalanan.

Badan seismologi nasional Meksiko mencatat episentrum gempa berlokasi sekitar 59 kilometer dari San Marcos di negara bagian Guerrero dengan kedalaman 19 km.

Meksiko sering diguncang gempa bumi, terutama di wilayah sepanjang pesisir Pasifik.

Pada 2017, ibu kota Meksiko diguncang gempa berkekuatan magnitudo 7,1 yang merusak banyak bangunan serta menewaskan 370 orang dan melukai ribuan lainnya.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *