ABBA Umumkan Album Baru Setelah 40 Tahun

Grup musik lawas asal Swedia, ABBA mengumumkan bakal merilis album baru November ini serta menggelar konser virtual di London tahun depan.
Grup yang populer lewat tembang Dancing Queen ini mengatakan album baru bertajuk Voyage bakal dirilis 5 November mendatang.

“Semula, itu hanya dua lagu,” kata Benny Andersson, seperti dikutip Reuters.

“Lalu kami berkata ‘mungkin kita harus melakukannya, saya tidak tahu, beberapa tambahan lainnya. Bagaimana menurut kalian?’ Dan mereka menyetujui, kemudian saya bertanya ‘mengapa kita tidak membuat album penuh?'”

Menyusul pengumuman ini, grup yang bubar pada 1982 ini menandai kembalinya mereka dengan perilisan dua lagu baru I Still Have Faith In You dan Don’t Shut Me Down pada Kamis (2/9).

“Saya tahu ketika Benny memainkan melodi itu pasti tentang kami,” kata rekan satu grup, Bjorn Ulvaeus.

“Tidak ada imajinasi yang bisa memimpikan itu, untuk merilis album baru setelah 40 tahun, masih menjadi teman terbaik, menikmati kebersamaan satu sama lain, dan memiliki kesetiaan total,” tambahnya.

Album Voyage bakal terdiri dari 10 lagu, termasuk dua yang dirilis hari ini.

Selain album baru, para musisi juga mempersembahkan pertunjukan yang akan menampilkan gambar avatar digital berteknologi tinggi.

Mereka menggambarkan bagaimana mereka difoto dengan baju ketat untuk membuat avatar demi pertunjukan yang disebut “ABBA Voyage” dan akan diputar di sebuah teater di London.

Personel ABBA mengatakan bahwa pertunjukan tersebut akan menampilkan 22 lagu dan berlangsung selama satu setengah jam.

Sebelum pengumuman resmi, ABBA sempat mengisyaratkan bakal kembali ke industri musik dengan meluncurkan situs ABBA Voyage dan mendorong pengunjung untuk mendaftar guna memperoleh informasi pada pekan lalu.

Pada 2018, keempat anggota ABBA pun telah mengatakan bahwa mereka memiliki proyek musik bersama.

ABBA terbentuk pada 1972 dan digawangi Agnetha Fältskog, Björn Ulvaeus, Benny Andersson, dan Anni-Frid Lyngstad. Nama ABBA sendiri merupakan singkatan dari inisial keempat anggotanya.

Lagu-lagu mereka sukses menguasai tangga lagu dunia sekitar 1974-1983. Lagu ‘Waterloo’ merupakan pemenang ajang Eurovision Song Contest pada 1974.

Akan tetapi popularitas band sempat merusak kehidupan pribadi dua pasang suami-istri ini, Fältskog dan Ulvaeus, serta Lyngstad dan Andersson. Grup pun bubar dan masing-masing mengejar karier berbeda meski masih sama-sama di dunia hiburan.

Hingga sebuah film rilis dengan nama yang sama dengan lagu mereka, Mamma Mia pada 2008. Film ini menjadi boxoffice di Inggris dengan penghasilan tertinggi. Sekuelnya dirilis pada 2018 dengan judul ‘Mamma Mia! Here We Go Again’.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *