Imbas Badai Ida, Kota New York AS Darurat Banjir Bandang

Sebagian Kota New York dilaporkan terendam banjir setelah Badai Ida menerjang pesisir timur laut Amerika Serikat selama beberapa hari terakhir.

Setidaknya tiga negara bagian di timur laut AS terdampak langsung Badai Ida hingga menyebabkan sejumlah kota padat penduduk, termasuk New York, di bawah peringatan Darurat Banjir Bandang hingga Rabu (1/9) malam.

Peringatan banjir bandang itu pertama kalinya dikeluarkan untuk New York dan mencakup wilayah New York, Brooklyn, dan Queens.

Layanan Cuaca Nasional AS (NWS) pun mendesak 9,1 juta warga kota tersebut mengungsi ke tempat lebih tinggi demi mengantisipasi ancaman banjir bandang.

“Ini adalah pertama kalinya kami harus mengeluarkan (peringatan darurat banjir bandang),” kata kantor NWS New York melalui kicauan di Twitter seperti dikutip NBC New York.

Peringatan NWS juga mengimbau warga untuk menghindari genangan air dan daerah-daerah yang banjir.

Peringatan badai petir parah juga dikeluarkan NWS New York untuk daerah Queens dan Brooklyn dengan ancaman curah hujan lebat hingga hujan es hingga 60 mph.

Sementara itu, peringatan tornado juga dikeluarkan untuk beberapa wilayah seperti Manhattan, Bronx, New Rochelle, Mount Vernon, hingga beberapa kota di New Jersey.

Pemadam listrik juga kemungkinan terjadi bagi penduduk di daerah-daerah tersebut akibat hujan lebat yang disertai angin kencang.

Senada dengan Wali Kota Passaic, New Jersey, Wali Kota New York, Bill de Blasio, juga mengumumkan status darurat di kotanya terkait banjir bandang ini.

“Kami memiliki situasi serius dalam beberapa jam terakhir. Ini sangat krusial bagi warga untuk menghindari jalanan. Warga harus aman dan ini akan terus buruk untuk setidaknya beberapa jam ke depan,” kata Blasio.

Di Twitter, sejumlah warga New York mengunggah video yang memperlihatkan genangan banjir meredam mobil-mobil di tengah jalanan kota. Beberapa mobil sports dan sedan bahkan terlihat mengapung akibat terbawa genangan banjir.

Sejumlah netizen juga melaporkan bahwa sebagian jalanan kota New York ditutup akibat banjir. Hingga kini, belum ada kabar terkait bagaimana operasional transportasi publik, terutama kereta bawah tanah New York.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *