Covid di India Naik Lagi usai Festival Panen, Tembus 40 Ribu

Setelah sempat landai, kasus Covid-19 di India kembali melonjak beberapa hari belakangan, terutama setelah warga di Kerala merayakan festival panen tradisional pada dua pekan lalu.

Sebagaimana dilansir Reuters, Kementerian Kesehatan India melaporkan 42.909 kasus Covid-19 baru pada Senin (30/8).

Dengan laporan ini, India sudah beberapa hari berturut-turut mencatat lebih dari 40 ribu kasus Covid-19. Pada 26 Agustus lalu, India untuk pertama kalinya melaporkan lebih dari 45 ribu kasus Covid-19 setelah 7 Juli.

Kerala menjadi daerah penyumbang kasus Covid-19 terbanyak dalam kurun waktu tersebut. Times of India melaporkan, para pakar menduga lonjakan ini akibat festival panen tradisional diKerala pada 21 Agustus lalu.

Sejumlah analisis kasus dan data tes Covid-19 mengindikasikan kelonggaran aturan selama festival itu menjadi penyebab lonjakan corona di Kerala.

Al Jazeera mengabarkan bahwa saat ini pemerintah mulai khawatir kasus Covid-19 dari Kerala dapat menyebar ke daerah-daerah sekitarnya dan memicu gelombang ketiga pandemi di negara itu.

Sebuah studi dari Institut Nasional Manajemen Bencana memprediksi lonjakan besar kasus di India akan terjadi pada Oktober jika tak ada penanganan serius.

Pada akhir pekan lalu, Kerala akhirnya menerapkan aturan jam malam. Sementara itu, rumah sakit dapat tetap beroperasi.

Rumah sakit di Kerala sendiri saat ini sudah mulai kewalahan. Times of India melaporkan bahwa akibat penumpukan pasien, sejumlah warga meninggal dunia tanpa perawatan medis memadai di rumah sakit.

Selain kasus aktif, kematian akibat Covid-19 di India pun melonjak. Pada Senin, India melaporkan 438.210 kematian, sehingga total 32,74 juta warga meninggal dunia akibat Covid-19 sejak pandemi melanda tahun lalu.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *