Satgas: Positivity Rate di 10 Provinsi Masih di Atas 30%

Positivity rate atau rasio hasil positif covid-19 pada pemeriksaan masih 30 persen lebih di 10 provinsi. Wilayah ini meliputi Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sumatra Utara, Sulawesi Barat, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Jambi, Lampung, dan Aceh.

“Bahkan Aceh positivity rate-nya mencapai 51,55 persen, menjadi yang tertinggi di Indonesia,” kata Ketua Tim Pakar Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Jakarta, Kamis, 26 Agustus 2021.

Menurut dia, hanya DKI Jakarta yang memiliki positivity rate di bawah 15 persen, yaitu 11,7 persen. Pemerintah daerah dengan positivity rate tinggi, terutama Aceh, diminta berkoordinasi dengan pemerintah pusat, terutama Kementerian Kesehatan, untuk memastikan data terkait.

Selain itu, pemerintah daerah harus menggiatkan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan covid-19 di wilayah masing-masing. Positivity rate yang tinggi dapat terjadi karena jumlah testing yang rendah.

“Upayakan agar dapat mencapai standar WHO (Organisasi Kesehatan Dunia), yaitu satu banding 1.000 populasi per minggu,” kata dia.

Pemerintah daerah, lanjut dia, mesti menggiatkan penegakan protokol kesehatan. Pengaturan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat juga diperlukan guna menekan risiko penularan covid-19.

Wiku memberikan catatan bagi Aceh yang pekan ini mengalami penurunan angka kesembuhan pasien (1.291 kasus) dan peningkatan kasus kematian akibat (35 kasus). Sementara itu, jumlah kasus aktif bertambah (1.067 kasus), dan keterisian tempat tidur pasien di rumah sakit naik menjadi 59 persen.

“Sekali lagi saya ingatkan, penting untuk setiap pimpinan daerah membaca data, tidak hanya perkembangan secara umum, namun juga kondisi detail seperti positivity rate, selisih kasus mingguan, serta jumlah kasus aktifnya,” kata dia.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *