Pertama dalam Sejarah, Wapres AS Kamala Harris Tiba di Vietnam

Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris tiba di Hanoi, Vietnam pada Selasa malam untuk melakukan kunjungan kerja selama tiga hari. Penerbangannya menuju Hanoi sempat ditunda selama tiga jam karena munculnya ‘sindrom aneh’ di Vietnam.

Ini merupakan kali pertama dalam sejarah AS seorang wakil presiden aktif menginjakkan kakinya di Vietnam.

Dikutip dari laman vnexpress, Rabu, 25 Agustus 2021, Harris melambaikan tangan yang dibalas dengan tepuk tangan mriah deretan pejabat Vietnam, termasuk Deputi Menteri Luar Negeri Nguyen Quoc Dung dan Le Khanh Hai, Ketua Kantor Kepresidenan Vietnam.

Harris akan berada di Vietnam hingga 26 Agustus mendatang. Kunjungan ini merupakan undangan dari Wapres Vietnam, Vo Thi Anh Xuan. Ia dijadwalkan meresmikan kantor perwakilan CDC Asia Tenggara di Hanoi petang ini.

Kunjungan resmi Harris terlaksana di saat AS dan Vietnam meningkatkan kerja sama mereka di berbagai bidang, termasuk keamanan maritim dan penanganan pandemi Covid-19.

Vietnam termasuk dalam daftar 10 negara penerima donasi vaksin Covid-19 dari Negeri Paman Sam.

Pada 2020, terlepas dari kemunculan pandemi Covid-19, hubungan bilateral AS-Vietnam tumbuh 19,8 persen ke angka USD90,8 miliar.

Sebelum ke Vietnam, Harris terlebih dahulu mengunjungi Singapura. Ia menyampaikan berbagai hal terkait isu-isu di kawasan, termasuk Laut China Selatan. Ia menuduh Tiongkok terus mengintimidasi sejumlah negara di perairan kontroversial tersebut.

Sebelum kedatangan Harris, Perdana Menteri Vietnam Pham Minh Chinh meyakinkan Tiongkok bahwa negaranya tidak akan ikut dalam aliansi AS yang dinilai didesain untuk menghadapi pengaruh Negeri Tirai Bambu.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : MSN

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *