Rayakan HUT RI, KBRI Rumania Resmikan Konsul Kehormatan di Constanta

Konsul Kehormatan RI di Constanta, Rumania diresmikan. Peresmian bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-76 RI, Selasa, 17 Agustus 2021.

Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova, M. Amhar Azeth secara resmi telah menyerahkan Surat Keputusan Presiden RI kepada Emil Sirbu sebagai Konsul Kehormatan RI di Constanta, merangkap wilayah Tulcea, Braila, Galati, Giurgiu, Vaslui, Vrancea, Ilfov, dan Prahova.

Para pejabat tinggi di Rumania ikut menyaksikan peresmian ini, salah satunya Wali Kota Constanta, Vergil Chitac.

“Dengan adanya Konsul Kehormatan RI di Constanta, hal ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan hubungan bilateral RI-Rumania, baik di bidang ekonomi maupun hubungan antar masyarakat, maupun bidang-bidang lain yang berpotensi untuk dikembangkan antara Indonesia dan Rumania,” kata KBRI Bucharest dalam pernyataan tertulis, Rabu, 18 Agustus 2021.

Kkota Constanta merupakan kota pelabuhan di Rumania, dengan jarak sekitar 227 kilometer ke arah timur dari Bucharest, ibu kota Rumania, dan 7,8 kilometer ke arah Laut Hitam.

Dengan diresmikannya Konsul Kehormatan RI di Constanta, diharapkan Constanta dapat menjadi pintu masuk produk RI ke pasar Eropa, terutama di kawasan Eropa Timur dan sekitar.

Sebaliknya, Indonesia dapat menjadi jembatan bagi Rumania dalam rangka memperkuat hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan juga ASEAN.

Acara peresmian berlangsung secara kekeluargaan dan dilaksanakan secara in-person dengan mematuhi protokol kesehatan. Pada kesempatan tersebut, kedua negara menyajikan kuliner khas masing-masing negara untuk dinikmati oleh para tamu undangan, seperti crispy pui cu porumb fulgi (ayam krispi dengan corn flakes) dan rendang.

Disela-sela acara, para tamu undangan juga menikmati sajian gelar budaya yang dilakukan oleh seniman Rumania, meliputi pentas tari Bali, gamelan dan tari Poco-Poco dan Maumere.

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *