QRIS Antarnegara Beroperasi Komersial Kuartal I 2022

Bank Indonesia (BI) dan Bank of Thailand (BOT) menyatakan aplikasi sistem pembayaran QR Code (QRIS) lintas negara bakal beroperasi komersial pada kuartal I 2022 mendatang. Saat ini sedang dilakukan uji coba penggunaan QR code di kedua negara.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyatakan penyelesaian transaksi akan menggunakan mata uang lokal antar kedua negara (Local Currency Settlement/LCS) melalui bank tertunjuk atau Appointed Cross Currency Dealers (ACCD).

Adapun ACCD Indonesia yaitu BCA, BNI, dan BRI. Sedangkan ACCD Thailand yaitu Bangkok Bank (BBL), Bank of Ayudhya (Krungsri), CIMB Thai Bank (CIMBT).

Menurut Perry, pengembangan QRIS antarnegara dengan Thailand diharapkan dapat menjadi tonggak baru dalam memfasilitasi aktivitas masyarakat kedua negara, khususnya bagi wisatawan kedua negara.

“Semoga sinergi inovasi bagi negeri ini semakin nyata untuk mengisi kemerdekaan Republik Indonesia serta memajukan perekonomian Indonesia,” ujar Perry lewat rilis, Selasa (17/8).

Dengan layanan ini, pengguna dari Indonesia dapat lebih mudah melakukan transaksi jika sedang berada di Thailand.

Pengguna dari Indonesia dapat menggunakan aplikasi pembayaran melalui gawai untuk memindai QR Code yang tersedia di seluruh merchant di Thailand.

Demikian pula dengan pengguna dari Thailand yang dapat menggunakan aplikasi pembayaran QR Code di seluruh merchant di seluruh Indonesia. Layanan ini juga tersedia untuk transaksi e-commerce antara Indonesia-Thailand dan sebaliknya.

Sebelumnya, BI juga sudah mengkaji penggunaan sistem pembayaran QR Code lintas batas di beberapa negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia, dan Thailand.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *