Kasus Aktif Turun 53 Persen, Menkominfo Minta Tetap Waspada

Pemerintah menilai Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4, 3 dan 2 pada 7 Agustus hingga 16 Agustus 2021 di Jawa-Bali telah menunjukkan hasil yang semakin baik. Hal itu seiring dengan penurunan kasus konfirmasi dan kasus aktif secara signifikan.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, tren kasus konfirmasi pada 15 Agustus 2021 sudah turun hingga 76 persen dari titik puncaknya. Sementara itu, kasus aktif tercatat turun 53 persen dari titik puncaknya. Jumlah angka kesembuhan juga meningkat dan jumlah kematian terus mengalami penurunan.

“Seiring dengan penerapan PPKM Level 4, 3, 2 di Jawa-Bali, kita melihat adanya tren penurunan pada positivity rate, perawatan pasien, kasus konfirmasi, dan angka kematian pada hampir seluruh provinsi di Jawa Bali,” ujar Menkominfo Johnny, Selasa (17/8).

Dia menambahkan, berdasarkan hasil kunjungan lapangan beberapa waktu lalu, masih ada sejumlah perbaikan yang perlu dilakukan di sejumlah wilayah. Oleh karena itu, pemerintah mengambil beberapa langkah intervensi, di antaranya memobilisasi pasien-pasien isoman ke pusat-pusat isolasi yang disediakan oleh pemerintah kota/kabupaten serta memastikan ketersediaan obat serta konsentrator oksigen.

“Pemerintah terus mengambil berbagai kebijakan dan langkah intervensi untuk mengendalikan pandemi. Dengan langkah ini, kami berharap akan ada perbaikan secara signifikan pada minggu depan, terutama untuk wilayah Bali dan Malang Raya,” ujar Johnny.

Menkominfo juga mengatakan, saat ini sebagian besar mobilitas masyarakat di Jawa dan Bali sudah kembali kepada kondisi seperti sebelum kenaikan varian delta terjadi. Untuk itu, dia mengingatkan agar semua pihak tetap waspada dan ekstra hati-hati agar tidak terjadi peningkatan kasus pada 2-3 pekan kedepan.

Berdasarkan evaluasi yang dilakukan dan arahan Presiden Joko Widodo, Johnny menjelaskan PPKM Level 4, 3 dan 2 di Jawa-Bali diperpanjang sampai tanggal 23 Agustus 2021. Dalam perpanjangan penerapan kebijakan ini terdapat tambahan beberapa kabupaten/kota ke dalam Level 3.

“Dalam penerapan perpanjangan PPKM sepekan ke depan terdapat tambahan kabupaten /kota yang masuk ke Level 3 sebanyak 8 kabupaten/kota, sehingga total kabupaten kota yang masuk dalam level 3 dan 2 mencapai 61 kabupaten/kota,” ujarnya.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *