Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Timur Jepang, Terasa Hingga ke Tokyo

Sebuah gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,0 mengguncang pesisir timur Jepang, Rabu, 4 Agustus 2021. Kuatnya guncangan terasa hingga ke Tokyo yang berjarak sekitar 200 kilometer dari episentrum.

Dilansir dari laman RT, gempa mengguncang lepas pantai prefektur Ibaraki pada Rabu pagi sekitar pukul 05.30 waktu setempat. Agensi Meteorologi Jepang (JMA) mencatat kedalaman gempa di angka 40 kilometer.

JMA juga mencatat adanya beberapa gempa susulan, yang salah satunya berkekuatan magnitudo 5,6. Tidak ada risiko gelombang tsunami dalam gempa kali ini.

“Selamat datang di kota Olimpiade, di mana kita saat ini sedang mengalami gempa bumi,” ucap seorang komentator olahraga asal Australia, Mark Beretta, saat melaporkan langsung dari Tokyo.

Ia terus melanjutkan peliputan, namun menyadari ada “momen yang tidak biasa” usai terjadinya guncangan. Beretta melihat sebuah gedung studio yang terlihat bergoyang selama terjadinya guncangan.

Beberapa reporter lain di Tokyo juga turut mengomentari terjadinya gempa bumi. Lester Holt dari NBC mengaku merasakan guncangan gempa 20 detik, sementara beberapa rekannya mengatakan bahwa gempa terasa cukup lama.

Prefektur Ibaraki berlokasi sekitar 83 kilometer dari Tokyo. Dengan tidak adanya korban jiwa maupun luka dan tak ada ancaman tsunami, gempa kali ini juga kemungkinan tak berpengaruh terhadap Olimpiade Tokyo 2020, yang dijadwalkan berlangsung hingga 8 Agustus mendatang.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Liputan6.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *