Warning, Harga Minyak Ambles 2% Lebih!

Harga minyak dunia bergerak turun pada perdagangan pagi ini. Bahkan koreksi harga si emas hitam lumayan dalam.

Pada Senin (2/8/2021) pukul 08:22 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 74,57/barel. Anjlok 2,31% dari posisi akhir pekan lalu.

Sementara yang jenis light sweet harganya US$ 73,2/barel. Ambles 1,01%

Setidaknya ada dua faktor yang membuat harga minyak ambrol. Pertama adalah pasokan yang melimpah.

Pada Juli 2021, produksi minyak negara-negara OPEC adalah 26,72 juta barel/hari. Naik 610.000 barel/hari dibandingkan bulan sebelumnya.

Arab Saudi menjadi negara dengan kenaikan produksi tertinggi, mencapai 460.000 barel/hari. Disusul oleh Uni Emirat Arab dengan tambahan 40.000 barel/hari. Sementara Kuwait dan Nigeria menambah masing-masing 30.000 barel/hari, serta Irak naik 20.000 barel/hari.

Tidak hanya di OPEC, produksi minyak Amerika Serikat (AS) pun bertambah. Negeri Paman Sam memompa minyak sebanyak 11,23 juta barel/hari pada Mei 2021. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebanyak 11,15 juta barel/hari.

Pandemi lebih ganas karena kehadiran virus corona varian delta yang lebih menular dari sebelumnya. Perkembangan ini membuat berbagai negara kembali membatasi aktivitas dan mobilitas masyarakat.

“Virus corona varian delta masih terus menyebar. Ini akan membuat permintaan tidak akan sebanyak dulu,” ujar Avtar Sandu, Senior Commodities Manager di Phillips Futures yang berbasis di Singapura, seperti dikutip dari Reuters.

Diapit oleh dua sentimen negatif, baik di sisi pasokan maupun permintaan, harga minyak tidak punya pilihan lain selain turun. Bahkan penurunannya tidak main-main.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Analisa Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *