BOR RS DKI Turun 11 Persen, ICU 9 Persen 5 Hari Terakhir

Tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 di DKI Jakarta turun sekitar 11 persen dalam lima hari terakhir.

Berdasarkan data Minggu (25/7), persentase keterpakaian tempat tidur di 140 rumah sakit yang merawat pasien Covid-19 adalah sebesar 73 persen. Sementara pada Kamis (29/7), tingkat keterisian tempat tidur menjadi 62 persen.

“Terkait BOR, Alhamdulillah per tanggal 29 Juli sudah mencapai 62 persen,” kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, Kamis (29/7) malam.

Selain penurunan keterisian tempat tidur pasien Covid-19, tingkat keterisian ruang unit perawatan intensif (ICU) di DKI juga menurun sebesar 9 persen dalam lima hari terakhir.

Rinciannya, per Minggu (25/7), persentase ICU adalah sebesar 89 persen. Sementara berdasarkan data per Kamis (29/7), tingkat keterisian sebesar 80 persen.

“Kita terus meningkatkan 3T. Termasuk memastikan tenaga Kerja, oksigen, peti mati kita pastikan semuanya siap,” ujarnya.

“Namun demikian kita berharap peti mati, TPU, ruang isolasi, dan lainnya itu tidak terpakai, sehingga dapat menunjukkan penurunan Covid-19 yang signifikan,” kata Riza menambahkan.

Hingga kemarin, kasus positif kumulatif Covid-19 di Ibu Kota mencapai 807.872 kasus. Dari jumlah itu, 768.562 orang dinyatakan sembuh dan 11.844 orang lainnya meninggal dunia.

Dengan jumlah itu, artinya ada 27.466 kasus aktif Covid-19 di Jakarta. Ada penurunan sebesar 58.732 kasus aktif jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya yakni 22 Juli.

Meski adanya penurunan pada sejumlah indikator penanganan Covid-19, beberapa waktu lalu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta semua pihak untuk tidak lengah dan kendor.

Anies tak ingin perbaikan pada kondisi pandemi saat ini, kemudian berhenti atau malah justru berbalik.

“Jadi tetap jaga protokol kesehatan kapanpun, dimanapun, dan terus kurangi mobilitas jika tidak perlu, dan bagi perusahaan perusahaan jangan paksakan karyawan masuk bila itu meresikoan protokol kesehatan di kantor anda,” ujar, Senin (26/7).

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *