Abram Lembono Promosikan Musik Tradisional Indonesia kepada Siswa di Amerika

Pianis dan komposer Abram Lembono (31) menerapkan metode pembelajaran piano Indonesia kepada para siswa di Amerika Serikat.

Lulusan Berklee College of Music di Boston ini mengajarkan metode uniknya pada imitasi gong-piano gamelan. Gamelan adalah alat musik tradisional asal Indonesia.

“Misi saya sebagai seniman adalah untuk mempromosikan tradisi musik Indonesia secara global. Saya sangat senang bisa menciptakan metode pengajaran yang benar-benar menonjolkan warna Indonesia,” ujar Abram dalam keterangan tertulis, Jumat (30/7/2021).

Abram yang mempelopori dan menjalankan program musik inovatif bernama “Atmosphere” di Universitas Pelita Harapan, membawakan berbagai gong Gamelan Indonesia ke kelasnya dan membandingkannya dengan piano.

Abram mengajarkan murid-muridnya untuk memainkan ritme pada badan piano dan menangani senar dengan tangan kiri. Kemudian dia memainkan nada pada piano dengan tangan kanan.

Setelah pindah ke Amerika Serikat untuk belajar di Berklee College of Music, Abram mempresentasikan metode pengajaran bahasa Indonesianya yang inovatif di Boston dan New York.

“Saya sangat senang sekarang bekerja dengan anak-anak kecil. Begitu saya membuat ‘benturan’ ini sebagai bagian dari pelajaran, begitu saya membawa gong, mereka mulai merasa bahwa mereka diizinkan untuk sepenuhnya melepaskan kreativitas mereka, dan belajar piano dengan sukacita dan rasa ingin tahu,” ujar dia.

Abram adalah pengajar piano di Merry Melody Music Academy, sekolah musik terkenal yang dipimpin oleh Vivian Tsang, seorang musisi dan mantan Presiden Asosiasi Guru Musik Massachusetts ( MMTA).

Abram juga gabung di label musik Warner Music Indonesia dan pernah tampil di Jakarta International Java Jazz Festival.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *