Ketua Satgas Covid Paparkan 3 Fungsi Utama Posko PPKM Mikro

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito meminta agar Posko Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro tak lalai mengingatkan dan mengedukasi masyarakat terkait penanganan pandemi.

Ganip menegaskan, mengingatkan yang dimaksud bukan sekadar pemberitahuan tanpa pemantauan dan evaluasi lebih lanjut. Menurutnya, setidaknya ada tiga fungsi utama Posko PPKM Mikro.

Fungsi pertama, mengedukasi dan memberi pemahaman kepada masyarakat untuk #ingatpesanibu menjalankan protokol kesehatan yang sesuai, mencakup mencuci tangan pakai sabun, penggunaan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Pertama harus bisa mengedukasi tentang protokol kesehatan kepada masyarakat, karena virus ini pembawanya adalah manusia. Oleh karena itu manusia ini yang harus dibentengi terlebih dahulu,” katanya saat meninjau pelaksanaan PPKM Mikro di Kelurahan Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta pada Selasa (27/7).

Fungsi kedua, mengupayakan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan kondisi tanpa gejala agar menjalani isolasi mandiri (isoman) di tempat isolasi terpusat yang disediakan Satgas Covid-19 di berbagai daerah.

Ganip menyatakan, pasien tanpa gejala yang melakukan isoman di rumah berpotensi besar menularkan Covid-19 kepada anggota keluarga lainnya. Hal ini disebut turut mendorong peningkatan penularan Covid-19.

“Ini yang membuat perkembangan virus ini makin banyak karena menyebar di antara keluarga dan komunitas. Supaya tidak terjadi seperti itu, maka yang sakit harus dipisahkan dari yang sehat, harus diisolasi,” paparnya.

Di sisi lain, pasien tanpa gejala yang menjalankan isoman di tempat isolasi terpusat dipastikan mendapat layanan baik, serta sarana dan prasarana yang memadai. Sementara apabila harus isoman di rumah, Ganip mengingatkan ada ketentuan dan kriteria yang harus diterapkan sesuai aturan Kementerian Kesehatan demi menekan potensi klaster keluarga.

Fungsi ketiga, mendukung percepatan pelaksanaan program vaksinasi yang bertujuan mencapai kekebalan kelompok. Posko PPKM Mikro dapat berperan pada sisi pendataan, pengerahan personel, sosialisasi terkait sentra-sentra vaksinasi, hingga terlibat pada program vaksinasi TNI/Polri.

Dari ketiga poin tersebut, Ganip berharap agar pelaksanaan PPKM Mikro sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di sektor hulu dapat berjalan efektif. Sehingga, tidak ada lagi penanganan pasien di rumah sakit maupun tempat-tempat isolasi.

“Konsep penanganan Covid-19 adalah harus mencegah dari hulunya. Artinya dari RT, RW dari desanya. Dari perorangan, komunitas, RT, RW, desa sampai ke atas. Tidak perlu ke rumah sakit rujukan kalau penataan di hulunya bagus. Ini bisa sangat mencegah terjadinya penyebaran Covid-19 di suatu wilayah,” tutur Ganip.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *