Arab Saudi- UEA Digosipkan Damai, Harga Minyak Longsor!

Harga minyak dunia turun nyaris 1% pada perdagangan pagi ini. Kemungkinan Uni Emirat Arab berdamai soal produksi minyak membuat harga si emas hitam longsor.

Pada Kamis (15/7/2021) pukul 08:22 WIB, harga minyak jenis brent berada di US$ 74,12/barel. Turun 0,84% dibandingkan hari sebelumnya.

Sementara yang jenis light sweet, harganya US$ 72,41/barel. Berkurang 0,98%.

Reuters memberitakan bahwa Arab Saudi dan Uni Emirat Arab mencapai ‘perdamaian’. Kedua negara itu sempat beda pendapat di OPEC+, Uni Emirat Arab tidak sepakat pemangkasan produksi 9,7 juta/barel yang sedianya berakhir April 2022 diperpanjang sampai akhir tahun depan.

Namun kini keduanya dikabarkan sudah berada di titik temu. Uni Emirat Arab diberikan patokan (baseline) produksi yang lebih tinggi yaitu 3,65 juta barel/hari. Dengan begitu, kuota pemangkasan produksi bagi Uni Emirat Arab bakal lebih sedikit.

‘Perdamaian’ Arab Saudi-Uni Emirat Arab ini membuat kesepakatan di OPEC+ bakal tercapai setelah sempat deadlock. Pemangkasan produksi memang kemungkinan akan diperpanjang sampai akhir 2022, tetapi selama Agustus-Desember 2021 bakal ada peningkatan produksi.

Selain itu, ada perkembangan terbaru dari Iran. Beredar kabar bahwa kesepakatan nuklir antara Iran dengan negara-negara Barat hampir tercapai.

Jika sudah ada kesepakatan, maka berbagai sanksi terhadap Negeri Persia bisa dicabut, termasuk ekspor minyak. Pasokan minyak dari Iran akan masuk ke pasar, sehingga membebani harga.

“Anda boleh berekspektasi pasokan dari Iran akan segera kembali. Tinggal masalah waktu,” ujar Bill Farren-Price, Direktur di Enverus, sebagaimana diwartakan Reuters.

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : CNBC Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *