Profil Atlet Panahan Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020

Panahan menjadi salah satu cabang olahraga (cabor) Olimpiade Tokyo 2020 yang akan diikuti Indonesia. Pada Olimpiade kali ini, bakal ada empat wakil Merah Putih di cabor panahan. Pada ajang Olimpiade, panahan merupakan cabor bersejarah bagi Indonesia.

Mengutip KOMPAS Pedia, medali pertama Indonesia pesta olahraga internasional terbesar itu hadir pada Olimpiade Seoul 1988. Setelah tujuh kali berpartisipasi di Olimpiade tanpa perolehan medali, Indonesia baru bisa meraih medali pada keikutsertaan ke-8.

Trio pemanah Merah Putih yaitu Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardani, dan Lilies Handayani berhasil menyabet medali perak pada Olimpiade Seoul. Perolehan satu medali perak pada Olimpiade Seoul 1988 menjadi catatan bersejarah bagi Indonesia. Sebab, untuk pertama kalinya dalam 36 tahun, Indonesia mendapatkan medali Olimpiade.

Panahan pun menjadi salah satu cabor penyumbang medali dari total 32 medali yang pernah diraih Indonesia pada Olimpiade. Sejak Olimpiade Los Angeles 1984, Indonesia selalu mengirimkan wakilnya di cabor panahan. Kali ini, bakal ada empat pemanah Merah Putih yang bakal tampil pada Olimpiade Tokyo 2020.

Keempat wakil Indonesia di cabor panahan Olimpiade Tokyo 2020 adalah Diananda Choirunisa, Riau Ega Agatha Salsabila, Arif Dwi Pangestu, dan Alviyanto Bagas Prastyadi.

Adapun Olimpiade Tokyo 2020 akan mulai bergulir pada 23 Juli hingga 8 Agustus 2021.

Berikut profil empat pemanah Indonesia yang akan berlaga pada Olimpiade Tokyo 2020.

1. Diananda Choirunisa
Diananda Choirunisa menjadi satu-satunya atlet panahan putri Merah Putih yang akan tampil pada Olimpiade Tokyo 2020. Ia bakal turun di nomor recurve perorangan putri dan beregu campuran.

Diananda lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 setelah sukses merebut medali perak pada Asian Games 2018.

Selain perak Asian Games 2018, berbagai prestasi lain juga ditorehkan oleh atlet kelahiran Surabaya, 16 Maret 1997 ini.

Pada SEA Games Kuala Lumpur 2017, Diananda berhasil membawa pulang dua medali emas dan satu medali perak.

Medali emas Diananda diperoleh dari nomor recurve perorangan dan campuran, sedangakan medali perak dari beregu putri.

2. Riau Ega Agatha Salsabila
Olimpiade Tokyo 2020 akan menjadi Olimpiade kedua bagi Riau Ega. Sebelumnya, ia pernah membela Merah Putih pada Olimpiade Rio de Janeira 2016.

Dilansir dari Antara, jalan Riau Ega untuk tampil pada Olimpiade Tokyo 2020 terbilang tidak mulus.

Ega sempat dicoret dari pelatnas karena masalah administrasi meski ia sudah mengantongi tiket ke Olimpiade nomor perorangan sejak tampil pada Asian Games 2018.

Namun, Pengurus Pusat Persatuan Panahan Indonesia (PP Perpani) akhirnya memanggil kembali Riau untuk berlatih berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan pada Maret lalu.

Riau Ega pun bisa turun membela Indonesia pada Olimpiade Tokyo 2020. Ia akan berlaga di nomor beregu putra, beregu campuran dan individual putra.

3. Arif Dwi Pangestu
Arif Dwi Pangestu adalah pemanah muda potensial yang dimiliki Indonesia saat ini. Namanya sempat menjadi buah bibir ketika merebut medali emas SEA Games 2019 ketika usianya baru 15 tahun.

Pada SEA Games 2019, Arif meraih medali emas di nomor beregu bersama Riau Ega Salsabila dan Hendra Purnama.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Arif Dwi Pangestu bakal turun di nomor perorangan dan beregu putra serta campuran.

Arif lolos ke Olimpiade setelah turut mengantarkan tim panahan putra Indonesia menembus final Archery Final Olympic Qualification Tournament di Paris, Juni lalu.

4. Alviyanto Bagas Prastyadi
Alviyanto Bagas Prastyadi menjadi bagian skuad panahan Indonesia yang sukses melaju hingga partai puncak Archery Final Olympic Qualification Tournament.

Pada ajang yang menjadi syarat lolos ke Olimpiade Tokyo 2020 tersebut, Bagas bersama Riau Ega Agatha Salsabila dan Arif Dwi Pangestu berhasil mengantarkan Indonesia ke final.

Sayangnya, pada laga puncak, tim panahan putra Merah Putih takluk dari Amerika Serikat dengan skor 54-54, 52-57, 55-56, dan 55-85.

Meski begitu, kekalahan tersebut tidak memengaruhi kepastian tim panahan putra Indonesia yang sudah lolos ke Olimpiade Tokyo 2020.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *