Kasus Covid-19 di Sydney Terus Bertambah Selama Lockdown

Jumlah kasus Covid-19 di Sydney, Australia, terus meningkat di tengah kebijakan penguncian (lockdown). Melihat tren seperti ini, lockdown di Sydney diperkirakan akan terus diperpanjang.

Pada Senin, 12 Juli 2021, New South Wales (NSW) mencatat 112 kasus baru Covid-19 yang ditularkan secara lokal. Hampir semuanya berada di Sydney, ibu kota negara bagian tersebut.

Angka infeksi harian di Sydney terus bertambah walau lockdown sudah memasuki pekan ketiga. Selama tiga hari terakhir, jumlah kasus yang dilaporkan dari Sydney mencapai 3 digit.

Premier NSW Gladys Berejiklian mengatakan, keputusan memperpanjang atau mencabut lockdown akan sangat ditentukan angka infeksi Covid-19 dalam beberapa hari ke depan. Jika situasinya dirasa sudah mulai stabil, lockdown bisa saja dicabut pada Jumat mendatang.

“Yang kita butuhkan adalah angka kasus mendekati nol. (Lockdown) ini benar-benar bergantung pada kita semua,” ucap Berejiklian, dilansir dari Malay Mail.

Ia menuturkan mayoritas kasus harian di Sydney berasal dari klaster keluarga atau teman dekat dari orang yang sudah terinfeksi. Untuk meminimalisasi risiko tertular, ia meminta penduduk NSW, terutama di kota Sydney, untuk mematuhi aturan lockdown yang telah diperketat.

Sekolah di Sydney ditutup selama lockdown, sementara pertemuan publik dibatasi untuk dua orang saja. Warga hanya boleh meninggalkan rumah untuk urusan penting, termasuk bekerja di sektor esensial atau berbelanja bahan makanan.

Negeri Kanguru sebelumnya telah berhasil menekan penyebaran Covid-19 melalui lockdown, pelacakan kontak, dan aturan menjaga jarak sosial. Australia mencatat total 31.200 kasus Covid-19 dengan 911 kematian sejak awal pandemi.

Namun, kemunculan varian Delta kembali memicu lonjakan kasus Covid-19 di Sydney. Total infeksinya hampir mencapai 700 sejak Delta pertama kali terdeteksi di kota tersebut pada pertengahan Juni.

“Sebanyak 63 orang dirawat di rumah sakit saat ini, dan 18 orang di antaranya menjalani perawatan intensif,” ujar pejabat kesehatan Sydney.

Dari total kasus di Sydney, seorang nenek berusia 90 tahun meninggal dunia. Itu merupakan kematian pertama dari kasus lokal Covid-19 di Australia tahun ini.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *