Pasukan AS Digempur di Suriah, Tak Ada Korban Jiwa

Tidak ada korban jiwa ketika Pasukan Amerika Serikat di wilayah timur Suriah digempur tembakan pada Sabtu (10/7), demikian berdasarkan keterangan Kementerian Pertahanan AS.

Dikutip dari Reuters, insiden ini merupakan rangkaian serangan terbaru yang dihadapi pasukan AS di Irak dan Suriah dalam beberapa hari terakhir.

Menurut sumber Reuters di Kementerian Pertahanan, serangan terjadi di wilayah Conoco.

Sebelumnya pada Rabu, pejabat dan pasukan AS sempat digempur oleh tiga roket dan serangan drone. Bahkan salah satu serangan sempat mengenai zona hijau di dekat kedutaan besar AS di Irak.

Selain itu, ada 14 roket yang menghantam pangkalan udara di Irak yang menampung pasukan AS sehingga dua anggota luka-luka. Hingga saat ini tidak ada pihak yang mengklaim tanggung jawab atas serangan tersebut, tapi para pengamat militer memperkirakan insiden ini dilakukan oleh milisi yang didukung Iran.

Sebelumnya beberapa kelompok milisi Irak memang bersekutu dengan Iran untuk membalas serangan AS di perbatasan Irak-Suriah yang menewaskan empat anggota kelompok milisi. Namun pemerintah Iran membantah terlibat dalam serangan pada pasukan AS ini dan mengutuk serangan udara AS pada kelompok milisi.

Saat ini Iran dan Amerika Serikat tengah berdialog secara tidak langsung untuk memperbaiki kesepakatan nuklir Iran 2015 yang sempat diabaikan ketika Donald Trump memimpin sebagai presiden. Hingga saat ini belum ada tanggal untuk dialog tahap selanjutnya, yang sebelumnya digelar pada 20 Juni.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *