Hari Kemerdekaan, Biden Sebut AS Bangkit Usai Badai Covid

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan Negeri Paman Sam sedang bangkit kembali ke kehidupan normal baru pasca-pandemi virus corona yang sempat meluluhlantakkan negara itu.

Biden mengatakan meski AS berhasil menekan penularan Covid-19, warga Amerika tak boleh lengah dengan protokol kesehatan lantaran masih ada ancaman kemunculan varian baru virus corona yang lebih menular.

Hal itu diucapkan Biden di depan ribuan tamu yang hadir dalam perayaan Hari Kemerdekaan AS atau Fourth of July pada Minggu (4/7) di halaman selatan Gedung Putih.

“Dua ratus empat puluh lima tahun yang lalu, kami mendeklarasikan kemerdekaan kami dari raja yang jauh. Hari ini, kami kembali mendeklarasikan kemerdekaan kami dari virus mematikan,” kata Biden dalam momen tersebut.

“Kita telah menang melawan virus ini. Tapi, jangan salah paham. Covid-19 belum ditaklukkan sepenuhnya. Kita semua tahu varian kuat telah muncul, seperti varian Delta,” ucap dia menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Biden turut memberikan penghormatan kepada para korban yang meninggal dunia akibat Covid-19 di AS. Berdasarkan data John Hopkins University, sampai saat ini AS mencatat 34,5 juta kasus dengan 621.293 kematian, yang tertinggi di dunia.

Biden optimistis di bawah kepemimpinannya, bangsa Amerika akan kembali bersatu setelah sempat terpecah-belah selama pendahulunya, Presiden Donald Trump, menjabat.

“Selama setahun terakhir kita telah menjalani beberapa hari tergelap kita. Kita akan melihat masa depan yang paling cerah,” ujarnya.

AS berhasil menekan angka penularan virus corona dengan memaksimalkan pengujian Covid-19 dan vaksinasi. Sejauh ini, setidaknya 157 juta atau 47,8 persen populasi Negeri Paman Sam telah melakukan vaksinasi lengkap.

Pemerintah AS juga mulai mengizinkan kerumunan dan pelonggaran protokol kesehatan lain. Warga AS bahkan mulai boleh melepas masker di area publik terbuka dan beberapa tempat dalam ruangan seperti bioskop.

Melansir AFP, kerumunan besar juga terlihat kembali memadati National Mall untuk menyaksikan pesta kembang api besar-besaran merayakan 4th of July.

Banyak bar dan restoran di kota-kota besar juga mulai menggelar pesta dan makan bersama.

Terlepas dari keberhasilan penanganan Covid-19, Biden masih prihatin dengan sebagian warga AS yang masih belum mau divaksinasi.

Biden khawatir AS akan menghadapi lonjakan infeksi corona lagi jika vaksinasi tidak segera dirampungkan menyusul penyebaran varian Delta corona yang lebih cepat menular.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *