Seluruh Wilayah Italia Jadi Zona Bebas Masker

Seluruh Italia menjadi zona bebas masker dengan status “risiko rendah” Covid-19 mulai Senin ini, 28 Juni 2021. Ini menandai pencapaian dramatis bagi Italia, negara Eropa yang pertama kali terkena pandemi Covid-19 pada Februari 2020.

Dalam sebuah dekrit Kementerian Kesehatan, disebutkan bahwa semua wilayah Italia kini telah menjadi ‘zona putih.’ Warna putih menandakan risiko rendah, atau level terendah dari sistem klasifikasi risiko Covid-19 di Italia.

Masker tidak lagi diwajibkan untuk dipakai di luar ruangan di semua zona putih.

Dilansir dari laman AFP, Italia pernah menjadi simbol krisis Covid-19 di dunia Barat. Namun kini, infeksi dan kematian harian akibat Covid-19 di Italia terus menurun dalam beberapa pekan terakhir.

Hingga hari Minggu kemarin, sepertiga dari total penduduk Italia di atas usia 12 tahun — berkisar 17.572.505 — telah divaksinasi.

Setelah lama memberlakukan larangan masuk, Italia kini mempersilakan kedatangan turis dari Uni Eropa, Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan Jepang. Italia kini telah menghapus persyaratan karantina bagi pengunjung yang telah divaksinasi, atau yang memiliki hasil tes negatif Covid-19.

Meski memiliki kemajuan pesat, Menteri Kesehatan Italia Roberto Speranza meminta semua warga untuk tetap waspada. “Ini memang menggembirakan, tapi kewaspadaan masih diperlukan, terutama karena adanya varian baru,” ucap Speranza.

“Pertempuran belum dimenangkan sepenuhnya,” imbuh dia.

Setelah melewati periode panjang lockdown nasional maupun parsial sejak November lalu, Italia sudah mulai melonggarkan semua pembatasan pada akhir Mei. Kala itu, seluruh wilayah Italia dijadikan ‘zona kuning’ dengan tetap diberlakukannya aturan jam malam bagi restoran atau tempat usaha lainnya. Kini, seluruh Italia menjadi zona putih.

Lebih dari 127 ribu orang di Italia meninggal akibat Covid-19. Sementara itu, total angka infeksi Covid-19 di Italia sejak awal pandemi telah mencapai lebih dari 4 juta.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *