Super Air Jet Mungkin Akan Mengisi Rute Maskapai yang Sudah Tutup

Belum lama ini, calon maskapai baru Super Air Jet (SAJ) mengantongi izin operasional dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Maskapai yang disebut-sebut berbiaya murah atau low cost carrier ini akan segera melayani peberbangan komersial di tanah air.

Seperti yang dikutip dari laporan Kontan.co.id sebelumnya, maskapai yang memiliki hubungan dengan grup maskapai terbesar di Indonesia, yakni Lion Air Grup tersebut sudah memenuhi semua persyaratan untuk mendapatkan Sertifikat Operator Udara (AOC), yang merupakan persetujuan akhir guna melayani penerbangan komersial.

Analisi Penerbangan Arista Atmadjati melihat, peluncuran SAJ merupakan skenario dari Lion Air Grup untuk mengisi rute beberapa maskapai yang sudah kolaps.

“Seperti Kal Star Aviation, PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air), PT Transnusa Aviation Mandiri dan PT Whitesky Aviation itu beberapa contohh maskapai yang hilang,” kata Arista kepada Kontan.co.id, Minggu (27/6).

Lion Air Grup memilih tidak menambah armada, melainkan memilih untuk meluncurkan maskapai baru bernama Super Air Jet.

“Kenapa Lion Air Grup tidak menambah armada? Ya itu alasannya bisnis strategi dari Lion Grup membuat SAJ,” lanjutnya.

Selain sebagai strategi bisnis perusahaan, meluncurkan maskapai SAJ juga dilatarbelakangi oleh prospek industri penerbangan yang masih memiliki masa depan cukup menjanjikan. Hal itu lantaran, geografis Indonesia yang merupakan negara kepulauan sehingga masih membutuhkan logistik antar pulau.

“Lagi pula data menunjukkan yang naik pesawat baru 120 juta orang sedangkan 150 juta lainnya belum pernah naik pesawat. Ini peluang di di masa depan,” imbuhnya.

 

 

 

 

Sumber : Kontan
Gambar : industri kontan

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *