Dua Perenang Indonesia dapat Wild Card ke Olimpiade Tokyo

Dua perenang Indonesia, Aflah Fadlan Prawira dan Azzahra Permatahani menjadi wakil Indonesia untuk berlaga di Olimpiade Tokyo 2020. Keduanya mendapat wild card, setelah berhasil mengumpulkan poin sesuai persyaratan FINA (Federasi Renang Internasional) pada seleksi tahap akhir Indonesia Olympic Trial (IOT) yang berlangsung di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno Jakarta, 19-20 Juni 2021.

PB PRSI menggelar IOT atas persetujuan FINA karena para perenang Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi di luar negeri akibat pandemi. Beberapa event kualifikasi dibatalkan seperti Malaysia Open dan Japan open yang hanya boleh diikuti perenang lokal saja.

“Event Indonesia Olympic Trial ini untuk mencari siapa wakil Indonesia yang bisa lolos Olimpiade. Untuk Limit-A yang bisa lolos otomatis, belum ada yang menembusnya. Namun untuk jatah universality atau wild card, dalam rapat federasi kita memutuskan untuk mengirim Fadlan dan Azzahra setelah keduanya punya poin tertinggi FINA,” ujar Wakil Ketua Umum II PB PRSI, Reswanda T. Ade.

Sementara, Fadlan Prawira mengaku gembira, bisa bertanding di Olimpiade Tokyo. Terlebih, sejak awal berkarier salah satu mimpinya adalah untuk bisa bertanding di pesta olahraga empat tahunan tersebut.

“Sejak awal berkarir, salah satu mimpi saya bisa berlaga di Olimpiade. Alhamdulillah saya bisa berangkat ke Olimpiade Tokyo. Saya akan terus giat berlatih, meningkatkan kemampuan sehingga bisa meraih hasil terbaik di Olimpiade,” kata Fadlan Prawira, spesialis nomor renang jarak jauh, 400 meter dan 1.500 meter gaya bebas.

Kebahagiaan juga dirasakan Azzahra pemegang rekor nomor 200 meter gaya ganti putri. “Olimpaide Tokyo akan menjadi moment indah bagi saya. Saya akan membuat rekor waktu terbaik, di sana,” janji Azzahra.

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Pikiran Rakyat

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *