1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 Disuntikkan ke Warga Tiongkok

Tiongkok telah melampaui angka satu miliar dosis vaksin covid-19 yang disuntik ke warganya. Angka ini lebih dari sepertiga dari total vaksin di seluruh dunia.

“Sebanyak 1,01 miliar dosis vaksin virus korona telah dibagikan,” sebut pernyataan singkat Komisi Kesehatan Nasional Tiongkok, seperti dikutip The Straits Times, Senin 21 Juni 2021.

Menurut perhitungan The Straits Times, sekitar 100 juta suntikan dilakukan selama lima hari terakhir.

Bahkan ketika Tiongkok memerangi gelombang kasus di Provinsi Guangdong, ini adalah langkah signifikan untuk mencapai tujuan ambisius Beijing untuk memvaksinasi 40 persen populasi negara itu, atau sekitar 580 juta orang pada akhir Juni 2021.

Diketahui, dua suntikan vaksin Sinopharm memiliki tingkat kemanjuran masing-masing 79 persen dan 72 persen. Sedangkan, kemanjuran keseluruhan untuk suntikan CanSino mencapai 65 persen setelah 28 hari.

Sebanyak tiga dari empat vaksin buatan Tiongkok yang tersedia untuk umum membutuhkan dua dosis. Menurut para pejabat, Negeri Tirai Bambu diperkirakan akan memproduksi lebih dari tiga miliar dosis vaksin tahun ini, tetapi tidak jelas berapa proporsi yang tersisa untuk penggunaan dalam negeri. Beijing telah menjanjikan ratusan juta dosis ke berbagai negara melalui serangkaian upaya bilateral.

Penambahan suntikan Sinopharm dan Sinovac ke daftar penggunaan darurat Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) berarti mereka sekarang dapat menjadi bagian dari Covax, upaya global untuk memastikan akses vaksin untuk negara yang tidak mampu.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *