Hasil Euro 2020: Belanda Menang Dramatis Atas Ukraina 3-2

Belanda menang tipis 3-2 secara dramatis atas Ukraina dalam laga Grup C Euro 2020 (Euro 2021) di Stadion Johan Cruyff Arena, Senin (14/6) dini hari waktu Indonesia.
De Oranje meraih kemenangan penting di Euro 2020 usai memenangi duel krusial melawan Ukraina pada partai pertama di Grup C.

Kemenangan tersebut diraih dengan susah payah oleh Belanda. Sejak awal pertandingan, Frenkie de Jong dan kawan-kawan mendominasi permainan dan terus menekan Ukraina.

Sejumlah peluang dimiliki tuan rumah Belanda di babak pertama, dua di antaranya melalui wingback Denzel Dumfries. Akan tetapi, performa impresif yang dimiliki kiper George Bushchan menggagalkan setiap peluang Belanda.

Upaya Belanda membobol gawang Ukraina baru terwujud pada menit ke-52 lewat tendangan kaki kiri kapten Georginio Wijnaldum.

Gol tersebut tercipta akibat kelengahan kiper Bushchan yang gagal mengantisipasi umpan silang Denzel Dumfries dari sisi kanan dengan baik.

Bola tepisan Buschan masih bergulir di kotak penalti. Pada saat yang bersamaan, Wijnaldum datang dari lini kedua Belanda dan langsung memasukkan bola ke gawang.

Penyerang Wout Weghorst menambah keunggulan Belanda menjadi 2-0 di menit ke-60. Tendangan kaki kanan Weghorst yang memanfaatkan kemelut di kotak penalti Ukraina tidak bisa diantisipasi kiper George Bushchan.

Gol Weghorst itu mendapat protes dari pemain Ukraina. Pasalnya, sebelum gol terjadi, Dumfries dianggap lebih dahulu melakukan pelanggaran terhadap Vitalii Mykolenko. Akan tetapi, usai meninjau VAR, wasit Felix Brych tetap mengesahkan gol tersebut.

Perlawanan diberikan Ukraina kepada Belanda. Pada menit ke-75, Andriy Yarmolenko memperkecil kedudukan jadi 1-2 lewat gol spektakuler.

Tanpa penjagaan ketat dari lini belakang Belanda, Yarmolenko melepaskan tendangan kaki kiri melengkung ke pojok kanan atas gawang Marten Stekelenburg yang sudah terlalu maju dari gawangnya.

Striker Roman Yaremchuk berupaya menggalkan Belanda meraih kemenangan pertama lewat golnya pada menit ke-79. Yaremchuk membobol gawan Stekelenburg dengan sundulan usai memanfaatkan tendangan bebas Ruslan Malinovsky.

Beruntung bagi Belanda yang memiliki Dumfries. Setelah gagal memanfaatkan sejumlah peluang emas di babak pertama, Dumfries bisa menjadi pahlawan kemenangan Tim Oranye usai mencetak gol pada menit ke-85 yang memaksimalkan umpan silang bek Nathan Ake. Belanda menang 3-2 atas Ukraina di Euro 2020.

Susunan Pemain:

Belanda: Stekelenburg, Timber, de Vrij, Blind, Dumfries, de Roon, Wijnaldum, Frenkie de Jong, van Aanholt, Weghorst, Depay

Ukraina: Bushchan, Karavayev, Zabarnyi, Matviyenko, Mykolenko, Malinovsky, Sydorchuk, Zinchenko, Yarmolenko, Yaremchuk, Zubkov.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *