Daftar Menteri Kabinet Baru Israel Pimpinan Naftali Bennett

Parlemen Israel, Knesset, mengesahkan kabinet baru Israel pimpinan Naftali Bennett, Minggu (13/6), mengakhiri pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu selama 12 tahun terakhir.

Dalam pemungutan suara pada Minggu sore, Bennet berhasil menang tipis suara di parlemen dengan dukungan 60-59 dari total 120 anggota Knesset menyetujui pembentukan pemerintahan baru tersebut.

Kabinet baru Israel ke-36 itu terdiri dari koalisi delapan partai, yakni Partai Ra’am, Partai Buruh, Partai Putih dan Biru, New Hope, Meretz, Yisrael Beiteinu, Yesh Atid, dan Yamina.

Koalisi yang dinamakan Kabinet Perubahan tersebut dipimpin mantan wartawan sekaligus eks menteri keuangan Israel, Yair Lapid, dan partainya, Yesh Atid.

Berdasarkan kesepakatan politik koalisi, politikus sayap kanan dan pemimpin Partai Yamina, Naftali Bennett, akan menjadi perdana menteri menggantikan Netanyahu selama dua tahun ke depan. Setelah itu, kursi PM akan dialihkan kepada Lapid.

Lapid sendiri saat ini menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Israel. Sementara itu, kursi Menteri Pertahanan masih diisi oleh Benny Gantz dari Partai Biru dan Putih (Kahol Lavan). Gantz merupakan eks Menhan Israel di era Netanyahu.

Pemimpin partai nasionalis Yisrael Beiteinu, Avigdor Lieberman, yang sempat menjabat sebagai Menlu dan Menhan di kabinet Netanyahu, kini menduduki jabatan Menteri Keuangan.

Posisi Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keamanan Publik masing-masing diisi oleh politikus Yamina, Ayelet Shaked, dan politikus Partai Buruh, Omer Bar-Lev.

Sementara itu, Menteri Transportasi dan Menteri Kehakiman diduduki oleh politikus Partai Buruh, Merav Michaeli dan Gideon Saar dari New Hope.

Politikus Meretz, Nitzan Horowitz, dan politikus Yesh Atid, Karin Elharrar, masing-masing menduduki jabatan Menteri Kesehatan dan Menteri Energi.

Menteri Urusan Pembangunan dan Perumahan diisi oleh politikus New Hope, Zeev Elkin. Elkin turut merangkap sebagai Menteri Urusan Yerusalem.

Kursi Menteri Ekonomi, Menteri Urusan Media, dan Menteri Lingkungan, masing-masing diisi oleh Orna Barbivai dari Yesh Atid, Yoaz Hendel dari New Hope, dan Tamar Zandberg dari Meretz.

Politikus Partai Biru dan Putih, Hili Tropper, menempati jabatan Menteri Budaya dan Olahraga. Kursi Menteri Urusan Sosial diisi oleh politikus Biru Putih juga, Meir Cohen.

Sementara itu, dilansir AFP, Menteri Urusan Agama diisi oleh PartaiYamina, MatanKahana.

Di sisi lain, Menteri Kerja Sama Regional diemban oleh politikus Meretz, Issawi Frej. Menteri Ilmu Pengetahuan dan Teknologi diisi oleh Orit Farkash-Hacohen dari Kahol Lavan.

Menteri Pariwisata, Menteri Pendidikan, dan Menteri Imigrasi, masing-masing diisi oleh politikus Yesh Atid Yoel Razvozov, politikus New Hope Yifat Shasha-Biton, dan politikus Biru dan Putih, Pnina Tamano-Shata.

Menteri Informasi, Menteri Diaspora, dan Menteri Pertanian masing-masing diduduki oleh politikus Yesh Atid, Elazar Stern, Nahman Shai dari Partai Buruh, dan Oded Forer dari Yisrael Beiteinu.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *