Asing Masih Profit Taking, IHSG Dibuka Galau Tentukan Arah

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka dengan apresiasi tipis 0,02% ke level 6.071,25. Selang 15 menit IHSG terpantau sudah kembali hijau naik tipis 0,01% ke level 6.072,23 pada perdagangan awal pekan Selasa (8/6/21).

Nilai transaksi hari ini sebesar Rp 1,8 triliun dan terpantau investor asing menjual bersih Rp 32 miliar di pasar reguler.

Asing melakukan pembelian di saham PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) sebesar Rp 6 miliar dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) Rp 7 miliar.

Sedangkan jual bersih dilakukan asing di saham PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang dilego Rp 7 miliar dan PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) yang dijual Rp 9 miliar.

Bank Indonesia (BI) akan merilis data cadangan devisa (cadev) per akhir Mei 2021 pada pukul 10.00 pagi WIB. Menurut prediksiTrading Economics, angka cadev Mei akan meningkat menjadi US$ 140 miliar.

Sebelumnya, BI melaporkan angka cadangan devisa per akhir April 2021 sebesar US$ 138,8 miliar, meningkat dibandingkan dengan posisi pada akhir Maret 2021 sebesar US$ 137,1 miliar. Ini adalah rekor tertinggi sepanjang Indonesia merdeka.

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 10,0 bulan impor atau 9,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Para pelaku pasar juga akan mengamati data-data dari luar negeri. Pada pukul 08.30 WIB, National Australia Bank (NAB) akan merilis data indeks keyakinan bisnis bulan Mei.

Sebelumnya, indeks keyakinan bisnis NAB di Australia naik 9 poin dari bulan sebelumnya ke rekor tertinggi 26 pada Maret 2021.

MenurutTrading Economics, angka ini menyiratkan bahwa kondisi akan tetap solid dalam waktu dekat, di tengah kekuatan dalam utilisasi kapasitas dan pesanan ke depan.

Adapun utilisasi kapasitas melonjak ke 85,3% yang sangat tinggi di bulan April, dari 82,5% pada Maret. Pasar meramal indeks keyakinan bisnis akan berada di level 24 pada Mei kali ini.

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Tempo.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *