‘Digencet’ Dolar AS, Harga Emas Dunia Meredup

Harga emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange jatuh pada perdagangan Selasa waktu setempat. Pelemahan ini karena dolar AS menguat menyusul komentar Menteri Keuangan (Menkeu) AS Janet Yellen.

Melansir Xinhua, Rabu, 5 Mei 2021, kontrak emas teraktif untuk pengiriman Juni turun USD15,8 atau 0,88 persen menjadi USD1.776 per ons.

Selain itu harga perak untuk pengiriman Juli turun 40,2 sen atau 1,49 persen menjadi USD26,558 per ons. Platinum untuk pengiriman Juli naik USD1,7 atau 0,14 persen menjadi USD1.231,8 per ons.

Menkeu AS Janet Yellen mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Atlantic yang disiarkan Selasa, bahwa Federal Reserve mungkin harus menaikkan suku bunga untuk memastikan ekonomi tidak terlalu panas.

Alhasil, komentar Yellen menunjukkan kemungkinan perubahan dalam pandangan itu. Adapun indeks dolar, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,39 persen menjadi 91,3005.

“Yellen memiliki sejarah panjang dan konsisten sebagai seorang yang dovish di The Fed,” ujar Kepala Perdagangan Derivatif Logam di BMO, Tai Wong.

Di sisi lain, Departemen Perdagangan AS melaporkan defisit perdagangan AS meningkat 5,6 persen ke rekor sebesar USD74,4 miliar, sebuah tanda bahwa ekonomi membaik dengan cepat. Sementara itu, pesanan pabrik AS meningkat 1,1 persen pada Maret.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Dinamika Jambi

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *