Menlu Korsel Ucapkan Simpati Atas Tragedi KRI Nanggala-402

Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Chung Eui-yong mengungkapkan simpatinya atas tragedi KRI Nanggala-402 yang tenggelam di Laut Bali. Ia mengucapkan belasungkawa kepada keluarga dan kerabat atas gugurnya 53 awak kapal.

“Menteri Luar Negeri Chung Eui-yong menyampaikan simpati atas tragedi tenggelamnya kapal selam Indonesia, Nanggala-402. Ia menyatakan rasa belasungkawa kepada keluarga dan kerabat yang ditinggalkan, dan juga kepada pemerintah dan seluruh rakyat Indonesia,” kata Kementerian Luar Negeri Korsel di akun Twitter mereka, Selasa, 27 April 2021.

Dalam pernyataan tertulis, Menteri Pertahanan Korea Selatan, Suh Wook, juga mengucapkan duka cita mendalam atas musibah KRI Nanggala-402.

“Kementerian Pertahanan Republik Korea mengungkapkan duka cita yang sedalam-dalamnya atas musibah KRI Nanggala-402. Korea Selatan memberikan dukungan penuh kepada RI,” kata Suh Wook lewat akun Kementerian Pertahanan Korsel, Senin, 26 April 2021.

Ia juga berharap Indonesia segera mengatasi situasi ini dan TNI dapat terus berjaya sebagai tentara yang tangguh.

Berdasarkan keterangan Panglima TNI Mersekal Hadi Tjahjanto, dari bukti-bukti otentik yang diperoleh pihaknya, dapat dinyatakan bahwa semua awak kapal KRI Nanggala-402 telah gugur.

Bukti-bukti otentik tersebut diperoleh dari citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala 402, meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11.

“Dengan kesedihan yang mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personel onboard KRI Nanggala-402 telah gugur,” kata Hadi sedikit tercekat dalam konferensi pers, Minggu, 25 April 2021.

“Semoga kami dapat meneruskan perjuangan paripurna saudara-saudara sebagai prajurit tentara terbaik Indonesia,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : Medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *