Rummenige Kembali Pimpin ECA Setelah Presiden Juventus Angkat Kaki

Chairman Bayern Muenchen, Karl-Heinz Rummenigge telah ditunjuk sebagai Presiden sementara Asosiasi Klub Eropa (ECA) menggantikan Andrea Agnelli, setelah pemilik Juventus itu mengundurkan diri menyusul pengumuman rencana digulirkannya Liga Super Eropa (ESL).

“Di bawah struktur baru ini, ECA telah menerapkan kepastian jangka pendek yang diperlukan untuk terus memainkan perannya dalam mendorong upaya penting Asosiasi atas nama seluruh anggota yang ada,” bunyi pernyataan resmi ECA dikutip laman Inside World Football.

“Bekerjasama dengan para pemangku kepentingan utama, terutama UEFA dan juga FIFA, FIFPro, dan Liga, dalam membuat keputusan penting yang diperlukan untuk mengelola periode ini. Dewan telah meminta Komite Eksekutif untuk berkonsultasi dan membuat rekomendasi pengangkatan Ketua ECA yang baru.”

Kepergian Agnelli dari pucuk pimpinan ECA membuat Rummenigge kembali menempati peran lamanya. Dia adalah ketua ECA pertama, memimpin organisasi tersebut dari 2008 hingga 2017, yang ia jalankan dengan relatif tenang sebelum munculnya reformasi sepakbola Eropa di bawah kepresidenan Agnelli.

“Saya tidak yakin Liga Super Eropa akan menyelesaikan masalah keuangan klub-klub Eropa yang muncul akibat pandemi virus corona,” kata Rummenigge dikutip laman resmi Bayern Muenchen.

“Sebaliknya, semua klub di Eropa harus bekerja dalam solidaritas untuk memastikan bahwa struktur biaya, terutama gaji pemain dan biaya agen, disesuaikan dengan pendapatan, untuk membuat sepakbola Eropa lebih rasional.”

ECA juga mengkonfirmasi anggota dewan untuk komite eksekutif, di mana mereka adalah, Nasser Al-Khelaifi (PSG), Michael Gerlinger (Muenchen), Edwin van der Sar (Ajax), Dariusz Mioduski (Legia Warszawa), Aki Riihilahti (HJK Helsinki) dan Michele Centenaro (Anggota Dewan Independen ECA).

“Di hari-hari berikutnya, sejumlah keputusan lebih lanjut terkait dengan struktur ECA, termasuk pemilihan / penunjukan untuk mengisi posisi Dewan Eksekutif yang dikosongkan, akan diambil dan dikomunikasikan,” bunyi pernyataan ECA lebih jauh.

Pada Kongres UEFA yang rencananya berlangsung di Montreux, Swiss, Selasa 20 April waktu setempat, baik Rummenigge dan Al-Khelaifi akan dikukuhkan sebagai perwakilan ECA di komite eksekutif konfederasi.

ECA mengutuk rencana Liga Super Eropa yang telah mengguncang sepakbola Eropa dan dunia pada minggu ini. Dalam sebuah pernyataan, ECA menegaskan bahwa mereka adalah satu-satunya suara yang sah dan diakui sepenuhnya dari klub-klub di Eropa, dan mengutuk 12 klub pelopor ESL.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *