Ratusan Lansia di Jaksel Ikut Vaksinasi Covid-19 Saat Puasa

Ratusan lansia mendatangi Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) di Hang Jebat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan untuk mengikuti program vaksinasi Covid-19 pada Rabu (14/4). Mereka tetap antusias meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com hingga pukul 10.00 WIB, jumlah lansia yang telah mendaftar mencapai 701. Beberapa di antara mereka diantar oleh pendamping.

Sebelum masuk mereka harus melakukan registrasi. Bagi lansia yang baru akan melaksanakan vaksinasi dosis pertama maka mereka harus membawa bukti pendaftaran online dan Kartun Tanda Penduduk (KTP).

Sedangkan untuk lansia yang akan melakukan vaksin dosis kedua, mereka harus membawa bukti vaksinasi pertama dan KTP.

Setelah mendaftar, mereka bisa langsung mendapatkan nomor antrean masuk. Selanjutnya, mereka harus melakukan verifikasi data kembali.

Tahap berikutnya, para lansia melakukan skrining. Mereka diwawancarai oleh petugas terkait kondisi dan riwayat kesehatan.

Setelah lolos skrining, mereka langsung mendapatkan suntikan vaksin. Selanjutnya, lansia diminta menunggu 30 menit di ruang observasi sebelum pulang.

Salah satu pendamping lansia, Rina mengatakan dirinya tiba di Hang Jebat pukul 09.00 WIB. Rina mengantar kedua orang tuanya untuk vaksinasi dosis kedua.

Rina bercerita, meski sedang berpuasa, orang tuanya sangat antusias mendapatkan vaksin.

“Tetap puasa. Enggak takut soalnya katanya vaksin kedua enggak separah pas pertama efeknya,” ucap Rina kepada CNNIndonesia.com, Rabu (14/3).

Pada tahap pertama, Rina bercerita setelah divaksin orang tuanya merasa lemas dan nafsu makannya menjadi tinggi. “Lapar terus,” ucapnya.

Diketahui, vaksinasi di Hang Jebat dilaksanakan sejak 8 Maret lalu. Vaksinasi tersebut kini memasuki tahap kedua yang salah satunya memprioritaskan pada kelompok lansia, pedagang, guru, atlet, dan wartawan.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menargetkan 1.000 dosis per hari untuk vaksinasi di Hang Jebat.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *