Nadal Kejar Gelar ke-12 di Monte Carlo, Djokovic Tatap Trofi Ketiga

Petenis ranking tiga dunia asal Spanyol, Rafael Nadal, akan berusaha mengejar gelar ke-12 di turnamen lapangan tanah liat Monte Carlo Masters 2021. Sejauh ini, Nadal adalah pemain paling dekoratif dengan rekor sebelas gelar dan catatan 71 kemenangan berbanding lima kekalahan di sepanjang partisipasinya di Monte Carlo.

Tahun lalu Monte Carlo Masters ditiadakan karena pandemi virus corona (COVID-19) sementara edisi terakhir pada 2019 adalah momen di mana Nadal gagal merebut empat gelar beruntun sejak dominasinya pada 2016. Di semifinal, Nadal dikalahkan oleh petenis Italia, Fabio Fognini yang akhirnya menjadi juara.

Berdasarkan undian tahun ini, Nadal bisa bertemu dengan petenis asal Rusia yang sedang naik daun, Andrey Rublev, di perempat final. Bahkan, jika perjalanannya lancar, Nadal bisa menghadapi rival besar yang saat ini duduk di posisi ranking satu dunia, Novak Djokovic, di semifinal.

Djokovic sendiri saat ini bersiap untuk turnamen pertama sejak ia menjuarai Australia Terbuka di Melbourne, Australia, Februari silam. Tak seperti Nadal, Djokovic saat ini baru mengumpulkan dua gelar di Monte Carlo dan akan mencari gelar kedua.

Djokovic empat kali masuk ke final di mana dua final pertama Djokovic harus menyerah dari Rafael Nadal pada edisi 2009 dan 2012. Djokovic melakukan pembalasan di edisi 2013 dan kembali ke podium juara pada 2015 dengan mengalahkan lawan asal Republik Ceko, Tomas Berdych.

Yang juga layak dinanti adalah petenis ranking dua dunia runner-up Australia Terbuka 2021, Daniil Medvedev. Pada 2019, Medvedev menciptakan kejutan lolos ke semifinal dengan melangkah ke semifinal dengan mengalahkan Stefanos Tsitsipas di perdelapan final dan Djokovic di perempat final.

Medvedev akan bermain sebagai unggulan yang langsung masuk ke putaran kedua. Petenis berusia 25 tahun ini akan menunggu pemenang antara pemenang pertandingan putaran pertama antara wakil Serbia, Filip Krajinovic, dan atlet asal Georgia, Nikoloz Basilashvili.

Monte Carlo Masters 2021 dihelat di Monte Carlo Country Club di Monte Carlo, Monarko, 11-18 April 2021. Turnamen ini menyediakan hadiah total sebesar 2.460.585 juta Euro atau Rp42,8 miliar.

Fabio Fognini akan tampil sebagai juara bertahan yang memulai pertandingan dari babak pertama dengan menghadapi lawan asal Serbia, Miomir Kecmanovic. Monte Carlos Masters juga dianggap sebagai arena pendahuluan sebelum turnamen grand slam lapangan tanah liat, Prancis Terbuka, yang dihelat pada 17 Mei–6 Juni.

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Akurat.co

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *