Lolos ke Semifinal Piala Menpora, Persib Kagumi Skuad Muda Persebaya

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, kagum dengan daya juang skuad muda Persebaya di perempat final Piala Menpora 2021. Persib Bandung lolos ke 4 besar setelah menumbangkan Persebaya Surabaya dengan skor 3-2 dalam laga perempat final Piala Menpora 2021 yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (11/4/2021). Persib mengawali pertandingan dengan sangat meyakinkan.

Tim asuhan Robert Rene Alberts berhasil unggul 2-0 saat laga belum genap berjalan selama 10 menit. Gol pertama Persib dicetak Ezra Walian pada detik ke-43). Kemudian, skuad berjulukan Maung Bandung itu menambah keunggulan melalui Wander Luiz pada menit ke-6. Tertinggal dua gol dalam rentang waktu enam menit pertandingan membuat Persebaya tersengat. Skuad Bajul Ijo, julukan Persebaya, yang didominasi pemain muda, segera mengurung pertahanan Persib. Sayang bagi Persebaya, gawang mereka malah kembali dibobol Persib lewat aksi Nick Kuipers pada menit ke-37.

Tertinggal tiga gol, memberikan tekanan tersendiri bagi Persebaya. Jelang berakhirnya babak pertama, Bajul Ijo semakin berada dalam situasi sulit. Persebaya harus bermain dengan 10 pemain setelah Satria Tama diganjar kartu merah wasit. Mantan kiper Madura United itu dianggap menyentuh bola di luar kotak penalti. Sekilas, bila melihat situasi tersebut, tentu tak berlebihan bila menyebut satu kaki Persib sudah menapak di semifinal. Hampir sudah tidak ada harapan bagi Persebaya untuk bisa membalikkan keadaan. Akan tetapi, yang terjadi kemudian pada paruh kedua, benar-benar di luar dugaan. Persib yang sudah unggul tiga gol mulai mengendurkan serangannya. Sebaliknya, Persebaya justru semakin agresif dalam melancarkan serangan.

Pada menit ke-62 Persebaya berhasil memperkecil kedudukan menjadi 3-1 melalui gol Arif Satria. Gol tersebut membuat Persebaya “menggila”.

Apalagi, dua menit setelah Arif Satria mencetak gol, giliran Persib yang harus kehilangan Wander Luiz karena diusir keluar arena laga oleh wasit.

Penyerang asal Brasil itu dianggap melakukan tindakan berlebihan saat mengawal pergerakan salah satu pemain Persebaya dalam situasi bola mati.

Kondisi tersebut membuat Persebaya berada di atas angin. Kans membalikkan keadaan dan lolos ke semifinal pun kian tumbuh tatkala Rachmat Irianto berhasil mencetak gol untuk membuat kedudukan menjadi 3-2.

Persib berada dalam tekanan besar, karena setelah gol dari Rachmat Irianto, Persebaya terus mencecar pertahanan Persib. Sayang bagi Bajul Ijo, gol tambahan yang mereka cari tak kunjung datang hingga peluit akhir pertandingan berbunyi.

Keunggulan 3-2 Persib atas Persebaya bertahan. Maung Bandung pun berhak lolos ke semifinal Piala Menpora 2021.

“Kami mendominasi babak pertama. Tetapi, babak kedua menjadi milik Persebaya,” kata pelatih Persib, Robert Rene Alberts, seusai laga.

“Di babak kedua pemain kami tidak bermain seperti seharusnya. Tetapi, ini adalah pertandingan yang menghibur. Saya sangat menyukai pertandingan ini. Sangat luar biasa,” ujar Alberts menambahkan.

Pertandingan berlangsung sengit lantaran Persebaya menampilkan mentalitas luar biasa. Dalam kondisi tertekan, mental tim asuhan Aji Santoso tak lantas anjlok.

Tidak tampak krisis kepercayaan diri dari para pemain Bajul Ijo setelah sempat tertinggal tiga gol dan bermain dengan 10 pemain pada paruh pertama.

Sebaliknya, Persebaya malah semakin garang mencecar pertahanan Persib untuk berupaya mengubah situasi.

Alberts pun angkat topi dengan determinasi para pemain muda Persebaya. Diakui Alberts, Persebaya punya skuad lokal mumpuni untuk berbicara banyak di Liga 1 2021.

“Seperti disampaikan sebelumnya, pemain muda mereka luar biasa dan berkualitas banyak pemain timnas. Saya rasa mereka siap untuk main di liga, selamat untuk Persebaya karena memiliki talenta muda potensial,” kata Alberts menegaskan.

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *