9 Ribu Polisi Dikerahkan Kawal PON Papua Oktober 2021

Polda Papua mulai mempersiapkan pengamanan jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang digelar Oktober 2021 mendatang. Setidaknya, 9 ribu personel kepolisian disiapkan untuk pengamanan nanti.

PON Papua dijadwalkan terselenggara pada 20 Oktober-2 November 2020 lalu. Namun, kegiatan ditunda selama satu tahun lantaran situasi pandemi virus corona (Covid-19).

“Khusus untuk pelaksanaan PON, kami akan melibatkan sekitar 8-9 ribuan personel pengamanan untuk pengamanan nanti,” kata Kepala Biro Operasi Polda Papua, Kombes Pol Jeremias Rontini kepada CNNIndonesia.com, Senin (12/4).

Ia menuturkan ada empat wilayah tempat penyelenggaraan yang akan mendapat fokus pengamanan dari kepolisian.

Misalnya, kata dia, Kota dan Kabupaten Jayapura yang akan menggelar sejumlah pertandingan cabang olahraga. Kemudian, Timika dan Kabupaten Merauke yang akan digelar pertandingan, serta memiliki gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang cukup tinggi.

“Khusus untuk kelompok bersenjata ini, ada satuan tugas tersendiri yang melakukan penanganan terhadap kelompok ini,” ucap dia.

Di wilayah Timika, kata dia, terdapat kegiatan operasional PT Freeport Indonesia yang juga akan berdampak pada penyelenggaraan PON 2020 nanti.

Sejauh ini, Rontini mengatakan Polda Papua telah menyiapkan backup personel pengamanan dari bawah kendali operasi (BKO) Korps Brigade Mobil (Brimob) dan polisi tugas umum dari personel Sabhara.

“Empat klaster (wilayah) itu menjadi prioritas pengamanan tentunya dengan kami melihat perkembangan situasi kamtibmas,” tandas dia.

Papua menjadi tuan rumah PON setelah mengalahkan Bali dan Nangroe Aceh Darussalam pada pemilihan di Rapat Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

KONI sempat membuka opsi pembatasan jumlah penonton di tengah pandemi Covid-19 pada PON Papua yang digelar 2-15 Oktober mendatang.

“Jika kondisi sudah membaik, PON tahun ini akan digelar sebagaimana PON sebelumnya. Namun, jika perkembangan Covid-19 belum membaik maka penyelenggaraan akan ikuti arahan Satgas Covid-19,” kata Marciano Norman dikutip dari situs KONI Pusat.

 

 

 

 

 

Sumber : .cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *