Florida Deklarasikan Status Darurat Terkait Ancaman Banjir Radioaktif

Gubernur Florida Ron DeSantis mendeklarasikan status darurat pada Sabtu, 3 April, setelah terjadinya kebocoran di sebuah kolam besar berisi air limbah beracun. Kebocoran tersebut dikhawatirkan dapat memicu terjadinya banjir radioaktif di negara bagian Florida, Amerika Serikat.

Warga di lebih dari 300 rumah di sekeliling waduk Piney Point di Manatee County diminta untuk mengevakuasi diri. Ruas jalan di sekitar area tersebut juga ditutup sebagai respons atas kebocoran air limbah.

Sejumlah warga di sekitar waduk mengaku menerima pesan singkat dari pemerintah yang meminta mereka untuk segera meninggalkan area karena adanya “keruntuhan” dalam waktu dekat.

Waduk Piney Point seluas 77 hektare itu dilaporkan diisi jutaan galon air yang mengandung fosfor dan nitrogen dari sebuah perusahaan fosfat. Kolam tempat terjadinya kebocoran telah teridentifikasi, dan air dari kolam tersebut mengandung limbah radioaktif dari bekas proses produksi pupuk.

Otoritas Florida berusaha memperbaiki kebocoran pada Jumat kemarin dengan menutupnya memakai batu dan material lain. Namun, upaya tersebut berakhir gagal.

Evakuasi ratusan warga dari sekitar waduk diperintahkan usai otoritas Florida menerima informasi bahwa air limbah dapat membanjiri area tersebut.

Dalam sebuah pernyataan daring, Direktur Pusat Keberagaman Biologi Florida Jaclyn Lopez mengatakan, situasi ini sebenarnya dapat dicegah jika tidak adanya praktik penyimpanan “limbah radioaktif yang berbahaya.”

“Bencana lingkungan ini diperburuk fakta bahwa keseluruhannya dapat dicegah sejak awal,” tutur Lopez, dilansir dari laman Independent pada Minggu, 4 April 2021.

“Pejabat federal harus bisa membersihkan kekacauan yang ditimbulkan industri pupuk di Florida,” sambungnya.

DeSantis telah bertolak ke Manatee County pada Minggu pagi dan berbicara dengan otoritas lokal untuk mendiskusikan situasi lebih lanjut.

Menurut laporan beberapa media lokal, warga Manatee County sejak lama mengadu kepada pemerintah mengenai bahaya dari beroperasinya pabrik fosfat.

Pada 1989, 23 ribu galon kebccoran asam sulfur dari sebuah tangki di Manatee County telah memicu evakuasi ratusan ribu warga.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *