Mabes Polri Akan Bantu Cegah Kerumunan Sidang Rizieq Offline

Karopenmas Mabes Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan jajaran Polda Metro Jaya telah membuat rencana untuk pengamanan sidang kasus kerumunan dengan terdakwa Mantan Pentolan FPI Rizieq Shihab di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Jumat (26/3).

Polda Metro khususnya telah membuat satu rencana pengamanan. Memprediksi segala kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi,” kata Rusdi di Mabes Polri, Rabu (24/3).

Rusdi menyebut bahwa personel Mabes Polri akan memberikan bantuan untuk pengamanan jika dibutuhkan.

“Akan mendapat back-up dari Mabes Polri seandainya membutuhkan tambahan kekuatan, Mabes Polri siap back-up, yang jelas Polda Metro sedang merencanakan bagaimana kegiatan di PN Jakarta Timur dapat berjalan dengan aman,” kata dia.

Majelis Hakim PN Jaktim sebelumnya mengabulkan permintaan Rizieq agar bisa hadir secara fisik di ruang sidang. Dengan demikian, sidang dengan agenda pembacaan eksepsi dari Rizieq ditunda untuk digelar pada Jumat (26/3).

Selain Rizieq, Hakim juga mengabulkan permohonan serupa dari mantan Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis, Haris Ubaidillah, Ali Alwi Alatas bin Alwi Alatas, Idrus alias Idrus Al-Habsyi, dan Maman Suryadi.

Majelis hakim mengizinkan kelima terdakwa itu untuk menjalani sidang secara offline, dan mereka akan membacakan eksepsi pada hari Jumat (26/3). Dalam keputusannya mengabulkan permohonan terdakwa hadir secara fisik di ruang pengadilan itu, majelis hakim berpegang pada jaminan tak ada kerumunan massa yang tercipta.

Saat sidang digelar secara online, diketahui ada 1.400 personel gabungan diterjunkan untuk mengamankan sidang.

“(Jumlah personel pengaman) sama kaya kemarin (sidang sebelumnya), kita siapkan sekitar 1.400 personel, tetapi itu gabungan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan, Selasa (23/3).

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *