Gempa Bumi Magnitudo 5,4 Guncang Xinjiang Tiongkok

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,4 mengguncang wilayah Xinjiang, Tiongkok pada Rabu, 24 Maret 2021. Data disampaikan Pusat Jaringan Gempa Bumi Tiongkok (CENC), yang mencatat terjadinya gempa pada pukul 05.14 pagi waktu setempat.

Dilansir dari laman Bernama, CENC juga mencatat kedalaman gempa mencapai 10 kilometer, dengan posisi 41.70 derajat lintang utara dan 81.11 derajat bujur timur.

Pusat Seismologi Eropa Mediterania (EMSC) juga mencatat kekuatan gempa di Xinjiang berada di angka magnitudo 5,4. Berdasarkan data-data seismik awal, guncangan ini tidak akan memicu kerusakan signifikan.

Karena kedalamannya relatif dangkal, gempa diyakini telah dirasakan sejumlah orang di area Xinjiang dan sekitarnya. Episentrum berlokasi sekitar 95 km dari Aksu dan 121 km dari Aykol.

Berbeda dari CENC dan EMSC, data Pusat Riset Jerman untuk Geosains (GFZ) mencatat gempa di dekat Aksu, Xinjiang pada Rabu ini berada di angka magnitudo 5,1. Seperti CENC, GFZ juga mencatat kedalaman gempa mencapai 10 km.

Mei tahun lalu, setidaknya empat orang tewas dalam gempa bumi di Yunnan, Tiongkok. Tiongkok sering dilanda gempa bumi, terutama di sejumlah area pegunungan di wilayah barat dan barat daya.

Pada 2019, gempa berkekuatan magnitudo 6,0 di provinsi Sichuan menewaskan 13 orang dan melukai hampir 200 lainnya. Pada 2008, gempa bumi berkekuatan magnitudo 7,9 melanda Sichuan dan membuat sedikitnya 87 ribu orang tewas atau hilang.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *