Fed Bentuk Komite Stabilitas Keuangan dan Pengawasan Antisipasi Perubahan Iklim

Federal Reserve telah mengambil langkah maju dalam upaya untuk memastikan bahwa sistem keuangan terlindungi dari risiko iklim. Salah satu upaya yang dilakukan bank sentral Amerika Serikat (AS) yakni membentuk Komite Iklim Stabilitas Keuangan dan Komite Iklim Pengawasan.

“Panel akan fokus pada potensi interaksi kompleks di seluruh sistem keuangan,” kata Gubernur Fed Lael Brainard, dilansir dari CNBC International, Rabu, 24 Maret 2021.

“Perubahan iklim dan transisi menuju ekonomi berkelanjutan juga menimbulkan risiko terhadap stabilitas sistem keuangan yang lebih luas. Jadi pilar inti kedua dari kerangka kerja kami berupaya untuk mengatasi risiko keuangan makro dari perubahan iklim,” tambah Brainard.

Komite Iklim Pengawasan akan fokus pada mengidentifikasi risiko dan menyusun program untuk mengatasinya. Komite Iklim Stabilitas Keuangan akan membahas risiko makroprudensial tentang bagaimana iklim dapat menimbulkan risiko sistemik bagi lembaga yang diawasi Fed.

Fed telah mulai meminta lembaga-lembaga besar untuk menilai potensi dampak iklim dan bagaimana mereka siap menghadapi peristiwa penting. Brainard mengatakan pada akhir 2019 bahwa dia ingin rekan-rekannya mulai mempertimbangkan bagaimana peristiwa iklim dapat memengaruhi kebijakan moneter.

“Pelaku pasar keuangan yang tidak menerapkan kerangka kerja untuk menilai dan menangani risiko terkait iklim dapat menghadapi kerugian signifikan pada aset sensitif iklim yang disebabkan oleh perubahan lingkungan, transisi yang tidak teratur, atau keduanya,” kata Brainard.

Dia menambahkan manajemen risiko yang kuat di sejumlah area dapat membantu memastikan sistem keuangan tahan terhadap risiko terkait iklim dan memiliki posisi yang baik untuk mendukung transisi ke ekonomi yang berkelanjutan.

Namun, gerakan untuk mengatasi perubahan iklim telah menerima beberapa penolakan dari anggota Kongres Partai Republik, yang khawatir bahwa Fed melebihi mandat yang ada. Pada sidang Selasa di depan Komite Jasa Keuangan DPR, Ketua Fed Jerome Powell menghadapi pertanyaan tentang apakah bank sentral harus terlibat dalam masalah tersebut.

Sementara itu, Powell telah mengindikasikan bahwa perubahan iklim bukan inti dari misi Fed tetapi tetap penting. “Ini benar-benar hari-hari yang sangat awal untuk mencoba memahami apa artinya semua ini. Ini jelas dapat memiliki implikasi jangka panjang bagi ekonomi kita, sistem keuangan kita, dan orang-orang yang kita layani,” kata Powell.

“Ini masih awal, tapi kami merasa kami memiliki tanggung jawab untuk memulai proses memahami risikonya,” pungkasnya.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *