Badai Petir Picu Banjir Bandang di Queensland Australia

Wilayah tenggara Queensland, Australia, dilanda banjir bandang akibat badai petir yang juga membawa hujan deras. Area terdampak badai meliputi Gold Coast, beberapa bagian Logan, Scenic Rim, dan Redland City serta Brisbane City Council.

Biro Meteorologi Australia (BOM) mengeluarkan peringatan badai petir untuk beberapa area tersebut sejak Minggu, 21 Maret 2021. Intensitas hujan deras di area Hotham Creek bahkan tercatat mencapai 113 milimeter dalam kurun waktu hanya satu jam.

Di Gold Coast dan Scenic Rim, hujan deras mencapai 98 mm dalam kurun waktu kurang dari dua jam sebelum pukul 14.15 waktu setempat. Hujan deras dengan intensitas yang hampir sama juga terjadi di Brisbane dan Forest Lake.

Peringatan banjir bandang diterapkan untuk wilayah dekat sungai Nerang dan Coomera. Matt Marshall, salah satu meteorolog dari BOM, mengaku sedang terus memantau situasi di Queensland.

“Hujan deras sedang terjadi di banyak tempat saat ini. Saat intensitas hujan mencapai 113 mm dalam waktu satu jam, kemungkinan terjadinya banjir bandang sangat tinggi,” kata Marshall, dikutip dari laman rnz.co.nz.

“Kami memonitor situasi secara seksama dan terus memperbarui peringatan jika diperlukan,” lanjutnya.

Marshall memprediksi kondisi cuaca buruk ini masih akan melanda Queensland dalam beberapa hari ke depan.

Sabtu kemarin, banjir bandang juga terjadi di sejumlah wilayah pesisir timur Australia. Warga di sejumlah area terdampak terpaksa mengungsi karena banjir telah meredam perumahan, jalan raya, dan memutus aliran listrik.

Di Sydney, kota terbesar di Australia, otoritas meminta masyarakat untuk tetap berada di dalam rumah karena adanya sebuah tornado mini yang bergerak di sepanjang wilayah pinggiran barat.

Sebagian besar area pesisir di negara bagian New South Wales (NSW) telah dilanda hujan deras dalam beberapa hari terakhir. Otoritas NSW memperingatkan guyuran hujan ini belum akan berhenti dalam waktu dekat.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : ANTARANews Bengkulu

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *