Warga Diimbau Tak Lewat Kawasan PN Jaktim saat Sidang Rizieq

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengimbau warga agar tak melewati Jalan Dr. Sumarno di kawasan depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur selama jalannya sidang mantan pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab pada Jumat (19/3).

Sambodo meminta warga untuk dapat memilih jalan alternatif lain demi menghindari kemacetan, ataupun penutupan jalan terkait potensi lonjakan massa yang mengawal sidang.

“Bagi seluruh warga masyarakat Jakarta sebaiknya memang hari ini sampai dengan sore nanti tidak melewati jalan di depan PN Jaktim,” ujar Sambodo kepada wartawan di lokasi.

Sambodo menyatakan polisi bakal menutup Jalan Dr. Sumarno jika massa simpatisan Rizieq terus bertambah di lokasi.

Dia bilang, pengalihan arus lalu lintas pun bakal dilakukan dari jalan arah Cipinang, Cipinang, maupun Jatinegara. Hingga saat ini, polisi masih bersiaga menjaga keamanan arus lalu lintas dampak dari kerumunan massa pendukung Rizieq.

“Kalau nanti massanya terus bertambah, mau tidak mau maka jalan depan Pengadilan Negeri Jaktim akan kita tutup total,” ungkap dia.

Sejak Jumat (19/3) pagi, puluhan orang terus berdatangan untuk mengawal dan memberi dukungan kepada Rizeq Shihab meski yang bersangkutan hadir secara virtual.

Massa tetap bertahan saat polisi meminta mereka untuk bubar. Situasi sempat memanas ketika polisi mulai mendorong barisan massa yang didominasi ibu-ibu. Polisi lantas sampai menarik paksa spanduk yang dibawa massa.

Rizieq menghadapi tiga dakwaan dalam sidang virtual yang ia jalani pada Jumat (19/3) hari ini. Beberapa kasus itu di antaranya kerumunan di Petamburan dan Megamendung, serta kasus dugaan pemalsuan surat hasil swab di RS Ummi Bogor.

Sidang yang digelar secara online itu sempat diwarnai perdebatan. Pasalnya Rizieq tidak mau berada di ruang persidangan yang digelar di Bareskrim Polri. Ia menginginkan hadir langsung di PN Jakarta Timur, sementara hakim berulang kali mencoba memberi penjelasan bahwa saat ini tengah dalam masa pandemi Covid-19 sehingga kehadirannya dikhawatirkan menimbulkan kerumunan.

Rizieq tak terima dengan penjelasan hakim. Eks pentolan FPI itu juga sempat memberontak saat hendak dibawa oleh para jaksa dari ruang tahanannya di rutan Bareskrim Polri ke ruang persidangan.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Tribunnews.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *