Atlet Voli Putri Aprilia Manganang Ubah Status Jadi Laki-laki

Mantan pemain timnas voli putri Indonesia, Aprilia Manganang, mengalami perubahan status menjadi laki-laki.
Pergantian status jenis kelamin tersebut diumumkan KSAD TNI AD Jenderal Andika Perkasa di Jakarta, Selasa (9/3).

Dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta, Andika menjelaskan Aprilia mengalami kelainan bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan atau disebut hipospadia.

Kelainan tersebut tidak dipahami pihak keluarga maupun tenaga medis yang membantu persalinan sehingga Aprilia dinyatakan sebagai perempuan lantaran bentuk alat kelamin yang berbeda.

“Saat dilahirkan dia punya kelainan pada sistem reproduksinya, Hipospadia,” terang Andika.

TNI AD sengaja memanggil Aprilia untuk menjalani pemeriksaan medis di RSPAD Gatot Subroto pada 3 Februari lalu. Menurut hasil rekam medis diketahui hormon testosteron Aprilia lebih tinggi. Selain itu Aprilia tidak memiliki organ dalam yang seharusnya dimiliki perempuan.

Aprilia sudah menjalani satu tindakan operasi perbaikan dan akan menjalani operasi kedua.

“Ini momen yang sangat saya tunggu, bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa lewati ini dan saya bersyukur Tuhan pakai bapak dan ibu untuk pertemukan saya,” ucapnya melalui tayangan video saat konferensi pers yang dilakukan Andika.

Aprilia memulai karier sebagai atlet voli profesional ketika bergabung dengan tim Alco Bandung pada tahun 2011. Kemudian, dia berpindah ke BNI 46, Manokwari Valeria, hingga akhirnya memperkuat Jakarta Elektrik PLN yang sukses memenangkan Proliga musim 2015 dan 2016.

Total, Aprilia mengoleksi empat gelar juara Proliga. Terakhir gelar juara itu dia raih bersama PGN Popsivo Polwan usai mengalahkan Pertamina Energy pada final Proliga 2019. Satu gelar lain diraih pada 2017.

Anggota TNI berpangkat sersan dua itu juga tercatat pernah meraih dua perunggu dan satu perak SEA Games.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *