Gibran Resmi Dilantik Jadi Wali Kota Solo: Jabatan ini Amanah

Putra sulung Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik menjadi Wali Kota Solo, Jawa Tengah pada hari ini, Jumat (26/2). Dia dilantik bersama Teguh Prakosa yang akan mendampinginya sebagai Wakil Wali Kota Solo.

Pelantikan dihelat di Graha Paripurna DPRD Kota Solo, sekitar pukul 08.30 WIB. Gibran dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo selaku perwakilan pemerintah pusat di daerah.

“Alhamdulillah pelantikan hari ini berjalan dengan lancar. Jabatan ini merupakan amanah dan akan kami manfaatkan sebaik-baiknya untuk masyarakat kota solo,” kata Gibran usai pelantikan.

Usai pelantikan Gibran-Teguh, prosesi dilanjutkan dengan pelantikan istri Gibran sebagai Ketua PKK dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Pelantikan dipimpin oleh istri Ganjar,Atikoh Ganjar Pranowo selaku Ketua PKK dan Dekranasda Provinsi Jawa Tengah.

Diketahui, Gibran-Teguh memenangkan Pilkada Kota Solo 2020 lalu. Mereka mengalahkan pasangan calon dari jalur independen Bagyo Wahyono-FX Supardjo (BaJo).

Gibran-Teguh, yang diusung mayoritas partai politik pemilik kursi DPRD Solo, meraih suara 225.451 atau 86,54 persen. Unggul telak atas lawannya, Bajo yang hanya mendapatkan 35.055 atau 14,46 persen suara.

Saat ditetapkan sebagai pasangan calon pemenang oleh KPU, Gibran mengaku ingin langsung bekerja optimal saat memimpin Wali Kota Solo mendatang.

“Saya bersama Wakil Wali Kota terpilih, Teguh Prakosa, ke depan menjadi mitra di Pemerintahan Kota Surakarta untuk kerja, kerja, dan kerja,” kata Gibran usai ditetapkan sebagai Wali Kota Surakarta terpilih dalam rapat pleno terbuka oleh KPU Surakarta, di Hotel Swiss Bell Solo, Kamis (21/1).

Gibran ingin memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan masalah kesehatan yang menjadi fokus-nya.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Kumparan

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *