Batas Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12 Tahun 2021

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja terkena PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Kini, pemerintah melalui laman resmi www.prakerja.go.id secara resmi telah membuka kembali pendaftaran sejak Selasa 23 Februari 2021.

Batas Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 12

Pendaftaran Kartu Prakerja 2021 berlangsung selama 4 hari muali dari 23 sampai 26 Februari 2021. Namun, pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 12 akan langsung ditutup jika kuota peserta sudah terpenuhi.

Cara Daftar Kartu Prakerja 2021

Mengutip laman resmi prakerja.go.id, beberapa syarat mengikuti program Kartu Prakerja antara lain, calon peserta merupakan warga negara Indonesia (WNI), minimal berusia 18 tahun, dan sedang tidak menempuh pendidikan formal.

Setelah memenuhi syarat tersebut, peserta harus mengikuti tata cara pendaftaran. Untuk diketahui, program Kartu Prakerja saat ini hanya dilakukan melalui situs resmi www.prakerja.go.id berikut langkahnya:

1. Peserta membuat akun melalui laman www.prakerja.go.id sesuai dengan data diri. Setelah berhasil mendaftar akun dan login ke akun, peserta akan masuk ke dashboard akun.

Pada bagian verifikasi KTP, peserta harus mengisi NIK, nomor KK dan tanggal lahir, lalu klik tombol berikutnya.

Setelah lolos verifikasi NIK, peserta diminta untuk melengkapi data diri dan mengunggah foto KTP. Selanjutnya, peserta diminta untuk melakukan verifikasi nomor handphone.

Cek inbox pada ponsel anda untuk melihat kode OTP yang dikirimkan via sms ke nomor handphone, lalu klik verifikasi.

2. Proses seleksi yang terdiri dari tes motivasi dan kemampuan dasar. Setelah melalui tes, calon peserta diminta menunggu pengumuman hasilnya.

Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui kompetensi dan potensi yang dimiliki calon peserta. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi oleh pihak PMO.

3. Setelah dinyatakan lolos peserta diminta memilih jenis pelatihan yang disediakan oleh mitra platform digital Kartu Prakerja. Saat ini, pemerintah menggandeng 7 mitra platform digital seperti Tokopedia, Kementerian Ketenagakerjaan, Mau Belajar Apa, Bukalapak, Pintaria, Sekolahmu, dan Pijar.

Pembayaran dana pelatihan menggunakan dana yang ditransfer ke akun peserta senilai total Rp1 juta.

4. Peserta mengikuti pelatihan daring sesuai pilihan hingga selesai. Usai merampungkan pelatihan online, setiap peserta akan diberikan sertifikat elektronik.

5. Peserta diminta memberikan ulasan dan rating terhadap pelatihan yang diikuti.

6. Peserta akan menerima insentif pasca pelatihan pelatihan sebesar Rp600 ribu per bulan selama empat bulan, sehingga totalnya sebesar Rp2,4 juta. Insentif itu diberikan secara nontunai melalui rekening bank atau dompet elektronik pilihan peserta.

Khusus untuk dompet digital, pemerintah telah bekerja sama dengan Gopay, LinkAja, OVO, dan Dana.

7. Survei pasca-pelatihan. Pemerintah akan memberikan insentif sebesar Rp150 ribu setelah pengisian survei evaluasi tersebut.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut masyarakat bisa mengakses laman resmi prakerja.go.id.

Selain itu, pemerintah menyediakan call center jika ada calon peserta yang kesulitan mendaftar dan menggunakan fasilitas di program kartu prakerja.

Masyarakat bisa menghubungi call center di nomor 021-25541246 dan e-mail di [email protected]. Layanan ini buka setiap Senin-Jumat dari pukul 08.00-19.00 WIB.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *