Ashik! Ada Angin Segar Dibawa The Fed

Ketua Federal Reserve System (The Fed), Jerome Powell mengisyaratkan kebijakan moneter longgar akan tetap dipertahankan bank sentral. Ia menyebut perekonomian AS masih jauh di bawah target.

“Perekonomian masih jauh dari ketenagakerjaan dan tujuan inflasi kami, dan kemungkinan akan membutuhkan beberapa waktu untuk kemajuan substansial lebih lanjut untuk dicapai,” kata Powell dalam sambutan untuk Komite Perbankan Senat, dikutip dari CNBC International.

“(Fed) berkomitmen untuk menggunakan berbagai alat kami untuk mendukung ekonomi dan untuk membantu memastikan bahwa pemulihan dari periode sulit ini akan sekuat mungkin.”

Namun, pernyataan Powell tidak menyebutkan kekhawatiran pasar yang paling mendesak. Yakni lonjakan dari imbal hasil obligasi pemerintah dengan tenor panjang. Misalnya obligasi 30 tahun. Imbal hasilnya naik lebih dari setengah poin persentase.

Powell mencatat bahwa pandemi tersebut “juga meninggalkan jejak yang signifikan pada inflasi”. Namun, secara seimbang itu bukanlah ancaman bagi perekonomian.

“Menyusul penurunan besar di musim semi, sebagian harga konsumen rebound selama sisa tahun lalu. Namun, untuk beberapa sektor yang terkena dampak paling parah dari pandemi, harga masih sangat lemah,” katanya.

“Secara keseluruhan, dalam basis 12 bulan, inflasi tetap di bawah tujuan jangka panjang 2% kami.”

The Fed tahun lalu merevisi pendekatannya terhadap inflasi. Di masa lalu, ini akan membuat kenaikan suku bunga preventif ketika pengangguran turun, berpikir bahwa pasar kerja yang lebih kuat akan mendorong harga.

Sekarang, Powell telah mengadopsi pendekatan di mana akan memungkinkan inflasi rata-rata di atas 2% untuk jangka waktu tertentu sebelum beralih ke kebijakan pengetatan.

“Perubahan ini berarti bahwa kami tidak akan mengetatkan kebijakan moneter hanya sebagai respons terhadap pasar tenaga kerja yang kuat,” kata Powell.

Powell juga mencatat disparitas dalam perolehan pekerjaan, mengatakan bahwa orang kulit hitam, Hispanik dan minoritas lainnya masih berjuang meskipun tingkat pengangguran telah turun dari pandemi tertinggi di 14,8% menjadi 6,3% saat ini.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : www.wsj.com

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *