PSSI dan PT LIB Sowan ke Menpora Bahas Tiga Masalah Sepak Bola

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dan Direktur PT LIB Akhmad Hadian Lukita bertemu langsung dengan Menpora Zainudin Amali di Kantor Kemenpora, Selasa (2/1/2021) sore. Pertemuan tersebut membahas masalah kompetisi dan juga dinamika sepak bola Indonesia lainnya. “Ini koordinasi biasa yang rutin kami lakukan dalam rangka memonitor terhadap berbagai kegiatan cabang-cabang olahraga, khususnya PSSI, karena ini ada peraturan khusus Inpres No 3 Tahun 2019, maka intensitas pertemuan dengan cabang olahraga sepak bola atau federasi PSSI itu lebih sering,” kata Menpora Zainudin Amali dalam konferensi pers yang digelar melalui Zoom. Dalam rapat tersebut, ada tiga pembahasan pokok. Yang pertama masalah penyelenggaraan Piala Dunia U20 yang ditunda tahun 2023 mendatang.

Persiapan dan upaya yang sudah dilakukan untuk tahun 2021 diharapkan bisa diteruskan demi kesuksesan pada 2023 nanti. “Dengan demikian, persiapan, baik struktur maupun tim nasional harus tetap kami lakukan,” ujar Menpora. “Ini juga menjadi implementasi dari hasil rapat koordinasi beberapa stakeholder waktu lalu yang dipimpin Menko PMK,” tuturnya. Pembahasan kedua adalah masalah SEA Games Vietnam yang akan diselenggarakan pada tahun ini. Menpora pun mendukung penuh langkah percepatan-percepatan yang dibutuhkan timnas nantinya. Menpora berharap cabor sepak bola bisa mempersembahkan medali emas.

Yang ketiga adalah masalah kompetisi sepak bola Indonesia. Sebelumnya, PSSI secara resmi menghentikan kompetisi musim 2020 yang terhenti nyaris setahun penuh.

Lebih lanjut, PSSI juga tengah melakukan upaya untuk menyelesaikan masalah perizinan.

Perizinan tersebut kemudian akan menjadi landasan untuk penyelenggaraan kompetisi musim 2021 maupun turnamen sebelum berlangsungnya kompetisi.

Menpora pun menerima laporan dari PSSI terkait masalah kompetisi musim 2021 agar bisa segera menemukan jalan keluar.

Dia menyadari kompetisi ini lebih tidak hanya sekadar hiburan masyarakat, tetapi juga roda penggerak dua pembahasan sebelumnya.

“Kami harus mencari jalan keluar supaya liga bisa bergulir kembali. Sebab, kita tahu kebutuhan kompetisi untuk mempersiapkan tim nasional di samping lain-lainnya,” ucap Menpora.

“Bagaimana mempersiapkan semua kelompok umur maupun senior jika kompetisi tidak jalan. Mudah-mudahan kami bisa mendapatkan jalan keluar,” tuturnya.

 

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas Bola

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *