Allan Burns, Pencipta Sitkom The Mary Tyler Moore Show Meninggal Dunia

Penulis skenario sekaligus produser televisi Amerika, Allan Burns, meninggal dunia pada Sabtu (30/1/2021) lalu. Allan Burns merupakan salah satu penulis skenario dan produser yang memenangi Piala Emmy dan mendapatkan nominasi Oscar. Dia juga merupakan penulis dan kreator serial The Mary Tyler Moore Show.

Allan Burns meninggal pada usia 85 tahun. Burns meninggalkan istrinya, Joan, puteranya Eric dan Matt serta lima anak lainnya. Kabar kematian Burns tersebut telah dikonfirmasi oleh putranya, Matt Burns. Partner kerjanya di The Mary Tyler Moore, James L Brooks, juga mengumumkan kabar kematian Burns di Twitter. “Allan Burns, partner menulis saya selama masa Mary Tyler Moore Show, meninggal kemarin.

Kariernya menjadi penulis memberinya pengakuan yang luar biasa,” tulis Brooks dalam twitnya. Brooks mengatakan orang-orang yang kenal dekat bakal sangat menghargai kepribadian Burns yang langka. “Dia pria terbaik yang pernah saya kenal.

Seseorang yang berhati sangat indah,” lanjut dia. Sejauh ini belum ada pengumuman resmi tentang penyebab kematian Allan Burns. Burns lahir pada 15 Mei 1935 di Baltimore, Maryland, AS., Burns. Dia kuliah di University of Oregon dari 1953 hingga 1957.

Burns memulai kariernya di Hollywood dengan bekerja di bidang animasi untuk Jay Ward di acara-acara seperti The Rocky and Bullwinkle Show, Dudley Do-Right, and George of the Jungle.

Burn berperan dalam menciptakan karakter Cap’n Crunch untuk merek sereal Quaker.

Burns kemudian bermitra dengan Chris Hayward dan bersama-sama menciptakan seri The Muncter pada tahun 1964 dan My Mother the Car pada tahun 1965.

Duo dikontrak sebagai editor cerita untuk sitkom CBS He & She yang menghasilkan mereka mendapatkan penghargaan Emmy sebagai penulis komedi terbaik pada tahun 1968.

Pada tahun 1969, Burns dan Brooks mulai bekerja sama setelah Burns melihat pilot untuk Room 222. Burns menjadi bagian dari staf penulis dan kemudian menjadi produser serial tersebut.

Brooks dan Burns kemudian mengembangkan The Mary Tyler Moore Show untuk CBS yang ditayangkan perdana pada tahun 1970 untuk mendapatkan pujian kritis.

Acara tersebut berlanjut dan memberi Burns lima penghargaan Emmy.

Burns juga sukses di dunia film, menulis skenario untuk film 1979 A Little Romance yang memberinya nominasi Oscar untuk skenario terbaik.

Selain itu, Burns juga menulis skenario film Butch and Sundance: The Early Days pada tahun 1979 dan Just the Way You Are pada tahun 1984.

Burns membuat debut penyutradaraan film Just Between Friends pada tahun 1986 yang dibintangi oleh Mary Tyler Moore, Ted Danson, dan Christine Lahti.

 

Sumber : kompas.com
Gambar : Kompas.com

BAGIKAN BERITA INI
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *