Antisipasi Banjir, DKI Jalankan Lima Program

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta melakukan lima program untuk mengantisipasi banjir di musim hujan. Kelimanya adalah gerebek lumpur, drainase vertikal, pemeliharaan pompa, penanganan banjir rob, dan pengelolaan sistem polder.

Program gerebek lumpur bertujuan meningkatkan kapasitas saluran, sungai, dan waduk. Sehingga daya tampung seluruh fasilitas penampungan bisa maksimal pada musim hujan.

“Pada tahun 2020, untuk waduk, jumlah yang sudah dikeruk sebanyak 23 waduk, dengan volume pengerukan 446.402,9 meter kubik (m3),” terang Sekretaris Dinas Sumber Daya Air Provinsi DKI Jakarta, Dudi Gardesi, dalam media briefing, Kamis, 28 Januari 2021.

Kemudian, pengerukan sungai dilakukan di 93 lokasi dengan volume pengerukan 279.967,5 m3. Selain itu, 390 saluran penghubung dengan volume pengerukan 121.002,6 m3 rampung dikeruk.

“Pada tahun-tahun sebelumnya juga sudah dilakukan pengerukan di lokasi lainnya,” ucap Dudi.

Selain itu, pembangunan drainase vertikal (sumur resapan) terus dilakukan. Hingga 31 Desember 2020, tersedia 2.974 titik drainase vertikal di 777 lokasi. Drainase terpusat di ruang publik terpadu ramah anak (RPTRA), gedung pemerintahan, sekolah, taman kota, dan masjid.

Pembangunan tanggul pantai juga dilakukan mengantisipasi banjir rob. Ada beberapa lokasi prioritas pembangunan tanggul pantai, yakni Kamal Muara, Kali Blencong, Kali Adem-Muara Angke, Pantai Muara, Sunda Kelapa, dan Tanjung Priok.

“Saat ini telah terbangun sepanjang 12,6 kilometer tanggul pantai dan akan terus dilanjutkan pembangunannya,” kata Dudi.

Selanjutnya, pembangunan atau rehabilitasi 10 sistem polder. Terdapat lima pompa di Jakarta Utara, yaitu Pompa Kali Betik, Pompa Artha Gading, Pompa Muara Angke, Pompa Teluk Gong, dan Pompa Mangga Dua. Kemudian, empat pompa di Jakarta Timur yakni Pompa Pulomas, Pompa Marunda, Pompa Tipala, dan Pompa Adhyaksa. Terakhir, Pompa Green Garden di Jakarta Barat.

Dinas SDA DKI Jakarta juga telah menyiapkan 487 pompa stationer di 178 lokasi. Lalu, 175 pompa mobile di lima wilayah, 257 alat berat, 465 dump truck, 36 pintu air, dan 8.101 personel.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *